Skip to main content

TEORI BELAJAR KOGNITIF DAN PENERAPANNYA DALAM BELAJAR

 

download here..click me

TEORI BELAJAR KOGNITIF DAN  PENERAPANNYA DALAM BELAJAR

Pengertian Belajar Menurut Teori Belajar Kognitif

Secara Bahasa

Secara bahasa, Kognitif berasal dari bahasa latin ”Cogitare”  artinya berfikir. Dalam pekembangan selanjutnya, kemudian  istilah kognitif ini menjadi populer sebagai salah satu wilayah  psikologi manusia/satu konsep umum yang mencakup semua  bentuk pengenalan yang meliputi setiap perilaku mental yang  berhubungan dengan masalah pemahaman, memperhatikan,  memberikan, menyangka, pertimbangan, pengolahan informasi,  pemecahan masalah, kesengajaan, pertimbangan,  membayangkan, memperkirakan, berpikir dan keyakinan.

 

Secara Istilah

Sedangkan secara istilah dalam pendidikan Kognitif  adalah salah satu teori diantara teori-teori belajar dimana  belajar adalah pengorganisasian aspek-aspek kognitif dan  persepsi untuk memperoleh pemahaman. Dalam model ini,  tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi dan  pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan  tujuan, dan perubahan tingkah laku, sangat dipengaruhi  oleh proses belajar berfikir internal yang terjadi selama  proses belajar.

  

4 TAHAP PERKEMBANGAN MENURUT TEORI PIAGET

Piaget membagi tahap-tahap perkembangan kognitif menjadi empat, yaitu:

Tahap sensorimotorik (umur 0-2 tahun)

Ciri pokok perkembangan berdasarkan tindakan, dan dilakukan selangkah

demi selangkah.

Tahap preoperasional (umur 2-7/8 tahun)

Ciri pokok perkembangan pada tahap ini adalah penggunanaan symbol atau  tanda bahasa, dan mulai berkembangnya konsep-konsep intuitif.

Tahap operasional konkret (umur 7/8-11/12 tahun)

Ciri pokok perkembangan pada tahap ini adalah sudah mulai menggunakan  aturan-aturan yang jelas dan logis, dan ditandai adanya reversible dan  kekekalan.

Tahap operasional formal (umur 11/12-18 tahun)

Ciri pokok perkembangan pada tahap ini adalah anak sudah mampu berpikir  abstrak dan logis dengan menggunakan pola berpikir “kemungkinan”.


more explanation and file??

 download here..click me

 

  

Comments

Popular posts from this blog

Introductions to Semantics and Pragmatics - meeting 2

  Semantics and pragmatics are two subfields of linguistics that study the meaning of language. Semantics is concerned with the study of meaning in language at the level of words, phrases, sentences, and texts. It deals with the relationship between words and their meanings, and how words combine to form phrases and sentences that convey meaning. Semantics also investigates the different types of meaning, such as denotation (the literal or dictionary meaning of a word), connotation (the associated or implied meaning of a word), and sense (the specific way a word is used in a particular context). Pragmatics, on the other hand, is concerned with the study of meaning in language in context, and how speakers use language to achieve their communicative goals. It deals with the relationship between language, speakers, and the context of communication, and how speakers use language to convey meaning beyond the literal definition of words. Pragmatics also investigates how context, tone, and ot

pronouns

  Get the material by " click me " A pronoun is a word that is used in place of a noun.   A pronoun can refer to a person, place, thing, or idea.   The word that a pronoun refers to is called the antecedent.   Following Downing (2006:56) pronoun is a a word that takes the place of a noun. There are different kinds of pronouns. 1. Personal Pronoun   Pronouns such as we, I, he, them, and it are called personal pronouns.   Personal pronouns have a variety of forms to indicate different persons, numbers, and cases.   2. Subject Pronoun The subject of a verb does the action of the verb. The personal pronouns I, you, he, she, it, we and they can all be used as the subject of a verb. 3. Object Pronoun An object pronoun is used as a direct object, an indirect object, or an object of a preposition. 4. Possesive Pronoun A possessive pronoun is a personal pronoun used to show ownership or relationship . 5. Reflexive and Intensive pronoun A reflexive pronoun refers to the subject a

Pokok-pokok tindakan pertolongan dalam kepramukaan

    Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan  Dalam meningkatkan  kwalitas dan keterampilan anggota pramuka, Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan harus diketahui, berikut pengetahuan tentang P3K yang dipupuk ke anggota Pramuka dalam meningkatkan Scoting Skil, sebagai berikut : 1. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang memberikan bekal peserta didik dalam hal pengalaman : a. Kewajiban diri untuk mengamalkan kode kehoramatan pramuka b. Kepeduliannya terhadap masyarakat/orang lain c. Kepeduliannya terhadap usaha meningkatkan citra Gerakan Pramuka di masyarakat 2. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan seperangkat ketrampilan dan pengetahuan kesehatan yang praktis dalam memberikan bantuan pertama kepada orang lain yang sedang mengalami musibah, antara lain pada pasien yang : a.