Skip to main content

TEORI BELAJAR KOGNITIF DAN PENERAPANNYA DALAM BELAJAR

 

download here..click me

TEORI BELAJAR KOGNITIF DAN  PENERAPANNYA DALAM BELAJAR

Pengertian Belajar Menurut Teori Belajar Kognitif

Secara Bahasa

Secara bahasa, Kognitif berasal dari bahasa latin ”Cogitare”  artinya berfikir. Dalam pekembangan selanjutnya, kemudian  istilah kognitif ini menjadi populer sebagai salah satu wilayah  psikologi manusia/satu konsep umum yang mencakup semua  bentuk pengenalan yang meliputi setiap perilaku mental yang  berhubungan dengan masalah pemahaman, memperhatikan,  memberikan, menyangka, pertimbangan, pengolahan informasi,  pemecahan masalah, kesengajaan, pertimbangan,  membayangkan, memperkirakan, berpikir dan keyakinan.

 

Secara Istilah

Sedangkan secara istilah dalam pendidikan Kognitif  adalah salah satu teori diantara teori-teori belajar dimana  belajar adalah pengorganisasian aspek-aspek kognitif dan  persepsi untuk memperoleh pemahaman. Dalam model ini,  tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi dan  pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan  tujuan, dan perubahan tingkah laku, sangat dipengaruhi  oleh proses belajar berfikir internal yang terjadi selama  proses belajar.

  

4 TAHAP PERKEMBANGAN MENURUT TEORI PIAGET

Piaget membagi tahap-tahap perkembangan kognitif menjadi empat, yaitu:

Tahap sensorimotorik (umur 0-2 tahun)

Ciri pokok perkembangan berdasarkan tindakan, dan dilakukan selangkah

demi selangkah.

Tahap preoperasional (umur 2-7/8 tahun)

Ciri pokok perkembangan pada tahap ini adalah penggunanaan symbol atau  tanda bahasa, dan mulai berkembangnya konsep-konsep intuitif.

Tahap operasional konkret (umur 7/8-11/12 tahun)

Ciri pokok perkembangan pada tahap ini adalah sudah mulai menggunakan  aturan-aturan yang jelas dan logis, dan ditandai adanya reversible dan  kekekalan.

Tahap operasional formal (umur 11/12-18 tahun)

Ciri pokok perkembangan pada tahap ini adalah anak sudah mampu berpikir  abstrak dan logis dengan menggunakan pola berpikir “kemungkinan”.


more explanation and file??

 download here..click me

 

  

Comments

Popular posts from this blog

RPS Pendidikan Anti Korupsi

        Mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah salah satu mata kuliah yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan korupsi. Pada umumnya, mata kuliah ini akan membahas topik-topik seperti: Pengertian dan pemahaman tentang korupsi Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korupsi Strategi dan tindakan pencegahan korupsi Peran serta masyarakat dalam memerangi korupsi Tanggung jawab pemerintah dalam mencegah dan mengatasi korupsi Hukum dan sanksi bagi pelaku korupsi Studi kasus dan analisis tentang korupsi di Indonesia dan negara lain Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang korupsi dan bagaimana cara untuk memeranginya. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki sikap pro-aktif dan bertanggung jawab dalam memerangi korupsi. 👇👇👇👇👇 Download

Introductions to Semantics and Pragmatics - meeting 2

  Semantics and pragmatics are two subfields of linguistics that study the meaning of language. Semantics is concerned with the study of meaning in language at the level of words, phrases, sentences, and texts. It deals with the relationship between words and their meanings, and how words combine to form phrases and sentences that convey meaning. Semantics also investigates the different types of meaning, such as denotation (the literal or dictionary meaning of a word), connotation (the associated or implied meaning of a word), and sense (the specific way a word is used in a particular context). Pragmatics, on the other hand, is concerned with the study of meaning in language in context, and how speakers use language to achieve their communicative goals. It deals with the relationship between language, speakers, and the context of communication, and how speakers use language to convey meaning beyond the literal definition of words. Pragmatics also investigates how context, tone, and ot

RPS Morphology

  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jln. Sei Batang Serangan No. 04 Kwala Bingai Stabat Kab. Langkat Telp./Fax : (061) 8911655 Kodepos : 20814 Web: stkipalmaksum.ac.id   RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER   Mata Kuliah : MORPHOLOGY Kode MK : PBI03040129 Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris Dosen Pengampu : Fernando De Napoli Marpaung SS, Mpd Semester : V SKS : 2   MATA KULIAH KODE RUMPUN MK BOBOT (sks) SEMESTER TGL PENYUSUNAN MORPHOLOGY PBI03040129 MKP 2 V 1 Agustus 2021 Dosen Pengembang RPS Koordinator RMK Ka PRODI