Skip to main content

RPS Psikologi Pendidikan

 



Get RPS "Psikologi Pendidikan" by click me

Get "kontrak kuliah" by click me

Nama Mata Kuliah     : PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Kode Mata Kuliah      : MDK0301021
Bobot SKS                   : 2 SKS
Semester                      : I
Dosen Pengampu        : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
 

Deskripsi Mata Kuliah : Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari konsep dasar sifat dan sikap manusia dalam bidang pendidikan dan penerapannya, yang meliputi konsep dasar psikologi pendidikan, bentuk-bentuk gejala psikis, perbedaan individu,belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pembelajaran di dalam pendidikan.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : 

- Menguasai konsep-konsep dasar Lingkungan fisik dan psikologis siswa,
- Menguasai konsep-konsep dasar karaktirstik perilaku usia pendidikan dasar dan menengah
- Menguasai konsep-konsep dasar pembentukan watak dan kepribadian siswa

Strategi Perkuliahan : 

- discussion
- Story telling
- Presentation
- quiz

Standar penilaian : 

1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%

Kriteria Kelulusan :

A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%

B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)


C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima

Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas.
2. Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti perkuliahan dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4. Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
 

Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.

(1)

Minggu

(2)

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

(3)

Bahan Kajian(Materi Aajar)

(4)

Metode Pembelajaran

 

(5)

Waktu

(6)

Pengalaman Belajar Mahasiswa

(7)

Kriteria dan Indikator Penilaian

(8)

Bobot Nilai (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar psikologi pendidikan

1.Definisi Psikologi Pendidikan

2.Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

3.Peran dan Sumbangan Psikologi
Pendidikan

·  Ceramah

·  Diskusi

100 menit

1. Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

 

2

-Mahasiswa mampu memahami hubungan
antara pendidikan dan
perkembangan peserta
didik

-Dapat menjelaskan konsep dasar
perkembangan rentang hidup
(pengertian, prinsip, periodisasi,
tugas-tugas perkembangan)

Konsep dasar perkembangan
peserta didik menurut
perspektif rentang hidup

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Kemampuan untuk menjelaskan hubungan antara pendidikan dan perkembangan peserta didik

 

10%

3-7

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep dan permasalahan yang ada didalam psikologi pendidikan seperti; Gejala Jiwa, Masalah Belajar, Masalah Pembelajaran,Pengukuran dan Penilaian,Diagnostik Kesulitan Belajar,Kesehatan Mental di Sekolah.

1.Pengantar memahami psikologi pendidikan

2. Gejala Jiwa

3. Masalah Belajar

4. Masalah Pembelajaran

5. Pengukuran dan Penilaian

6. Diagnostik Kesulitan Belajar

7. Kesehatan Mental di Sekolah.

·  Ceramah

·  Presentasi grup

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa melakukan presentasi

Kriteria:

Penyajian prensatasi serta kemampuan menjawab pertanyaan dan membuat pertanyaan

10%

8

MID TEST

 

 

 

 

 

 

9

-Mahasiswa mampu Memahami teori
perkembangan kognitif
Jean Piaget

Teori perkembangan kognitif

 

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

 

10

Mahasiswa mampu menjelaskan proses
belajar & pembelajaran menurut
perspektif perilaku dan
observational learning serta menerapkan dalam praktik pembelajaran

Teori Behaviorisme

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Menjawab pertanyaan secara tepat

 

10%

11

Mahasiswa mampu Menguasai teori
belajar humanistik dan
dapat menerapkan
prinsip-prinsipnya
dalam pembelajaran

Teori belajar humanistik

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Menjawab pertanyaan secara tepat

 

10%

12

Mahasiswa mampu Menguasai teori
belajar kognitif dan
konstruktivisme dan
dapat menerapkan
prinsip-prinsipnya
dalam pembelajaran
                      

Kognitif dan konstruktivisme

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Menjawab pertanyaan secara tepat

 

10%

13

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar evaluasi dalam pendidikan.

Konsep Evaluasi Hasil Belajar

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

 

14

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar evaluasi dalam pendidikan.

1.Fungsi Evaluasi

2.Sifat Evaluasi

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Menjawab pertanyaan secara tepat

 

10%

15

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar evaluasi dalam pendidikan.

1.Prinsip-Prinsip Evaluasi

2.Macam-Macam Alat Evaluasi.

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan latihan

Kriteria:

Menjawab pertanyaan secara tepat

 

10%

16

FINAL TEST

 

 

 

 

 

 

Get RPS "Psikologi Pendidikan" by click me

Get "kontrak kuliah" by click me


 

Comments

Popular posts from this blog

RPS Pendidikan Anti Korupsi

        Mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah salah satu mata kuliah yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan korupsi. Pada umumnya, mata kuliah ini akan membahas topik-topik seperti: Pengertian dan pemahaman tentang korupsi Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korupsi Strategi dan tindakan pencegahan korupsi Peran serta masyarakat dalam memerangi korupsi Tanggung jawab pemerintah dalam mencegah dan mengatasi korupsi Hukum dan sanksi bagi pelaku korupsi Studi kasus dan analisis tentang korupsi di Indonesia dan negara lain Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang korupsi dan bagaimana cara untuk memeranginya. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki sikap pro-aktif dan bertanggung jawab dalam memerangi korupsi. 👇👇👇👇👇 Download

Introductions to Semantics and Pragmatics - meeting 2

  Semantics and pragmatics are two subfields of linguistics that study the meaning of language. Semantics is concerned with the study of meaning in language at the level of words, phrases, sentences, and texts. It deals with the relationship between words and their meanings, and how words combine to form phrases and sentences that convey meaning. Semantics also investigates the different types of meaning, such as denotation (the literal or dictionary meaning of a word), connotation (the associated or implied meaning of a word), and sense (the specific way a word is used in a particular context). Pragmatics, on the other hand, is concerned with the study of meaning in language in context, and how speakers use language to achieve their communicative goals. It deals with the relationship between language, speakers, and the context of communication, and how speakers use language to convey meaning beyond the literal definition of words. Pragmatics also investigates how context, tone, and ot

RPS Morphology

  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jln. Sei Batang Serangan No. 04 Kwala Bingai Stabat Kab. Langkat Telp./Fax : (061) 8911655 Kodepos : 20814 Web: stkipalmaksum.ac.id   RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER   Mata Kuliah : MORPHOLOGY Kode MK : PBI03040129 Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris Dosen Pengampu : Fernando De Napoli Marpaung SS, Mpd Semester : V SKS : 2   MATA KULIAH KODE RUMPUN MK BOBOT (sks) SEMESTER TGL PENYUSUNAN MORPHOLOGY PBI03040129 MKP 2 V 1 Agustus 2021 Dosen Pengembang RPS Koordinator RMK Ka PRODI