Get RPS "Psikologi Pendidikan" by click me
Get "kontrak kuliah" by click me
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Kode Mata Kuliah : MDK0301021
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : I
Dosen Pengampu : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
Deskripsi Mata Kuliah : Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari konsep dasar sifat dan sikap manusia dalam bidang pendidikan dan penerapannya, yang meliputi konsep dasar psikologi pendidikan, bentuk-bentuk gejala psikis, perbedaan individu,belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pembelajaran di dalam pendidikan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Menguasai konsep-konsep dasar Lingkungan fisik dan psikologis siswa,
- Menguasai konsep-konsep dasar karaktirstik perilaku usia pendidikan dasar dan menengah
- Menguasai konsep-konsep dasar pembentukan watak dan kepribadian siswa
Strategi Perkuliahan :
- discussion
- Story telling
- Presentation
- quiz
Standar penilaian :
1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%
Kriteria Kelulusan :
A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%
B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)
C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima
Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas.
2. Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti perkuliahan dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4. Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.
(1) Minggu |
(2) Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
(3) Bahan Kajian(Materi Aajar) |
(4) Metode Pembelajaran
|
(5) Waktu |
(6) Pengalaman Belajar Mahasiswa |
(7) Kriteria dan Indikator Penilaian |
(8) Bobot Nilai (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
Mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar psikologi pendidikan |
1.Definisi Psikologi Pendidikan 2.Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan 3.Peran dan Sumbangan
Psikologi |
· Ceramah · Diskusi |
100 menit |
1. Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
|
|
2 |
-Mahasiswa mampu
memahami hubungan -Dapat menjelaskan
konsep dasar |
Konsep
dasar perkembangan |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk menjelaskan hubungan antara pendidikan dan perkembangan peserta didik
|
10% |
3-7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep dan permasalahan yang ada didalam psikologi pendidikan seperti; Gejala Jiwa, Masalah Belajar, Masalah Pembelajaran,Pengukuran dan Penilaian,Diagnostik Kesulitan Belajar,Kesehatan Mental di Sekolah. |
1.Pengantar memahami psikologi pendidikan 2. Gejala Jiwa 3. Masalah Belajar 4. Masalah Pembelajaran 5. Pengukuran dan Penilaian 6. Diagnostik Kesulitan Belajar 7. Kesehatan Mental di Sekolah. |
· Ceramah · Presentasi grup · Small group discussion |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa melakukan presentasi |
Kriteria: Penyajian prensatasi serta kemampuan menjawab pertanyaan dan membuat pertanyaan |
10% |
8 |
MID TEST |
|
|
|
|
|
|
9 |
-Mahasiswa
mampu Memahami teori |
Teori perkembangan kognitif
|
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
|
|
10 |
Mahasiswa mampu
menjelaskan proses |
Teori Behaviorisme |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas |
Kriteria: Menjawab pertanyaan secara tepat
|
10% |
11 |
Mahasiswa
mampu Menguasai
teori |
Teori belajar humanistik |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas |
Kriteria: Menjawab pertanyaan secara tepat
|
10% |
12 |
Mahasiswa
mampu Menguasai
teori |
Kognitif dan konstruktivisme |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas |
Kriteria: Menjawab pertanyaan secara tepat
|
10% |
13 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar evaluasi dalam pendidikan. |
Konsep Evaluasi Hasil Belajar |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
|
|
14 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar evaluasi dalam pendidikan. |
1.Fungsi Evaluasi 2.Sifat Evaluasi |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas |
Kriteria: Menjawab pertanyaan secara tepat
|
10% |
15 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar evaluasi dalam pendidikan. |
1.Prinsip-Prinsip Evaluasi 2.Macam-Macam Alat Evaluasi. |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan latihan |
Kriteria: Menjawab pertanyaan secara tepat
|
10% |
16 |
FINAL TEST |
|
|
|
|
|
|
Get RPS "Psikologi Pendidikan" by click me
Get "kontrak kuliah" by click me
Comments
Post a Comment