Skip to main content

RPS Psikologi Pendidikan

 



Get RPS "Psikologi Pendidikan" by click me

Get "kontrak kuliah" by click me

Nama Mata Kuliah     : PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Kode Mata Kuliah      : MDK0301021
Bobot SKS                   : 2 SKS
Semester                      : I
Dosen Pengampu        : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
 

Deskripsi Mata Kuliah : Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari konsep dasar sifat dan sikap manusia dalam bidang pendidikan dan penerapannya, yang meliputi konsep dasar psikologi pendidikan, bentuk-bentuk gejala psikis, perbedaan individu,belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pembelajaran di dalam pendidikan.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : 

- Menguasai konsep-konsep dasar Lingkungan fisik dan psikologis siswa,
- Menguasai konsep-konsep dasar karaktirstik perilaku usia pendidikan dasar dan menengah
- Menguasai konsep-konsep dasar pembentukan watak dan kepribadian siswa

Strategi Perkuliahan : 

- discussion
- Story telling
- Presentation
- quiz

Standar penilaian : 

1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%

Kriteria Kelulusan :

A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%

B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)


C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima

Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas.
2. Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti perkuliahan dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4. Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
 

Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.

(1)

Minggu

(2)

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

(3)

Bahan Kajian(Materi Aajar)

(4)

Metode Pembelajaran

 

(5)

Waktu

(6)

Pengalaman Belajar Mahasiswa

(7)

Kriteria dan Indikator Penilaian

(8)

Bobot Nilai (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar psikologi pendidikan

1.Definisi Psikologi Pendidikan

2.Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

3.Peran dan Sumbangan Psikologi
Pendidikan

·  Ceramah

·  Diskusi

100 menit

1. Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

 

2

-Mahasiswa mampu memahami hubungan
antara pendidikan dan
perkembangan peserta
didik

-Dapat menjelaskan konsep dasar
perkembangan rentang hidup
(pengertian, prinsip, periodisasi,
tugas-tugas perkembangan)

Konsep dasar perkembangan
peserta didik menurut
perspektif rentang hidup

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Kemampuan untuk menjelaskan hubungan antara pendidikan dan perkembangan peserta didik

 

10%

3-7

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep dan permasalahan yang ada didalam psikologi pendidikan seperti; Gejala Jiwa, Masalah Belajar, Masalah Pembelajaran,Pengukuran dan Penilaian,Diagnostik Kesulitan Belajar,Kesehatan Mental di Sekolah.

1.Pengantar memahami psikologi pendidikan

2. Gejala Jiwa

3. Masalah Belajar

4. Masalah Pembelajaran

5. Pengukuran dan Penilaian

6. Diagnostik Kesulitan Belajar

7. Kesehatan Mental di Sekolah.

·  Ceramah

·  Presentasi grup

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa melakukan presentasi

Kriteria:

Penyajian prensatasi serta kemampuan menjawab pertanyaan dan membuat pertanyaan

10%

8

MID TEST

 

 

 

 

 

 

9

-Mahasiswa mampu Memahami teori
perkembangan kognitif
Jean Piaget

Teori perkembangan kognitif

 

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

 

10

Mahasiswa mampu menjelaskan proses
belajar & pembelajaran menurut
perspektif perilaku dan
observational learning serta menerapkan dalam praktik pembelajaran

Teori Behaviorisme

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Menjawab pertanyaan secara tepat

 

10%

11

Mahasiswa mampu Menguasai teori
belajar humanistik dan
dapat menerapkan
prinsip-prinsipnya
dalam pembelajaran

Teori belajar humanistik

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Menjawab pertanyaan secara tepat

 

10%

12

Mahasiswa mampu Menguasai teori
belajar kognitif dan
konstruktivisme dan
dapat menerapkan
prinsip-prinsipnya
dalam pembelajaran
                      

Kognitif dan konstruktivisme

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Menjawab pertanyaan secara tepat

 

10%

13

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar evaluasi dalam pendidikan.

Konsep Evaluasi Hasil Belajar

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

 

14

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar evaluasi dalam pendidikan.

1.Fungsi Evaluasi

2.Sifat Evaluasi

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Menjawab pertanyaan secara tepat

 

10%

15

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar evaluasi dalam pendidikan.

1.Prinsip-Prinsip Evaluasi

2.Macam-Macam Alat Evaluasi.

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan latihan

Kriteria:

Menjawab pertanyaan secara tepat

 

10%

16

FINAL TEST

 

 

 

 

 

 

Get RPS "Psikologi Pendidikan" by click me

Get "kontrak kuliah" by click me


 

Comments

Popular posts from this blog

Introductions to Semantics and Pragmatics - meeting 2

  Semantics and pragmatics are two subfields of linguistics that study the meaning of language. Semantics is concerned with the study of meaning in language at the level of words, phrases, sentences, and texts. It deals with the relationship between words and their meanings, and how words combine to form phrases and sentences that convey meaning. Semantics also investigates the different types of meaning, such as denotation (the literal or dictionary meaning of a word), connotation (the associated or implied meaning of a word), and sense (the specific way a word is used in a particular context). Pragmatics, on the other hand, is concerned with the study of meaning in language in context, and how speakers use language to achieve their communicative goals. It deals with the relationship between language, speakers, and the context of communication, and how speakers use language to convey meaning beyond the literal definition of words. Pragmatics also investigates how context, tone, and ot

pronouns

  Get the material by " click me " A pronoun is a word that is used in place of a noun.   A pronoun can refer to a person, place, thing, or idea.   The word that a pronoun refers to is called the antecedent.   Following Downing (2006:56) pronoun is a a word that takes the place of a noun. There are different kinds of pronouns. 1. Personal Pronoun   Pronouns such as we, I, he, them, and it are called personal pronouns.   Personal pronouns have a variety of forms to indicate different persons, numbers, and cases.   2. Subject Pronoun The subject of a verb does the action of the verb. The personal pronouns I, you, he, she, it, we and they can all be used as the subject of a verb. 3. Object Pronoun An object pronoun is used as a direct object, an indirect object, or an object of a preposition. 4. Possesive Pronoun A possessive pronoun is a personal pronoun used to show ownership or relationship . 5. Reflexive and Intensive pronoun A reflexive pronoun refers to the subject a

Pokok-pokok tindakan pertolongan dalam kepramukaan

    Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan  Dalam meningkatkan  kwalitas dan keterampilan anggota pramuka, Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan harus diketahui, berikut pengetahuan tentang P3K yang dipupuk ke anggota Pramuka dalam meningkatkan Scoting Skil, sebagai berikut : 1. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang memberikan bekal peserta didik dalam hal pengalaman : a. Kewajiban diri untuk mengamalkan kode kehoramatan pramuka b. Kepeduliannya terhadap masyarakat/orang lain c. Kepeduliannya terhadap usaha meningkatkan citra Gerakan Pramuka di masyarakat 2. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan seperangkat ketrampilan dan pengetahuan kesehatan yang praktis dalam memberikan bantuan pertama kepada orang lain yang sedang mengalami musibah, antara lain pada pasien yang : a.