Get RPS "Pendidikan Pancasila" by click me
Get ''Kontrak Kuliah Pendidikan Pancasila" by click me
Nama Mata Kuliah : PENDIDIKAN PANCASILA
Kode Mata Kuliah :
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : I
Dosen Pengampu : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah Pendidikan Pancasila mempelajari tentang Pancasila dalam tinjauan historis, kultural, yuridis, dan filosofis, Undang-Undang Dasar 1945 dan dinamikanya, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan Republik Indonesia, kedudukan Pancasila sebagai filsafatdan Pancasila sebagai ideologi, Hak Asasi Manusia, etika politik berdasarkan Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, realisasi Pancasila dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
Diharapkan pada akhir perkuliahan mahasiswa memiliki kompetensi :
1.Kognitif, yakni memahami dan mendeskripsikan (i) Pancasila dalam tinjauan, historis, kultural, yuridis, dan filosofis, Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan Republik Indonesia, kedudukan Pancasila sebagai filsafat dan Pancasila sebagai ideologi, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika,
2.Psikomotorik, yakni konsisten melakukan kegiatan yang mencerminkan nilai nilai luhur sila sila Pancasila. Melakukan berbagai aktivitas yang tidak melanggarHak Asasi Manusia. etika politik berdasarkan Pancasila, Negara Kesatuan Republik
3. Afektif, yakni memiliki sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu yang tinggi, jujur, terbuka, bertanggung jawab, objektif, mandiri, dan teliti.
Strategi Perkuliahan :
- discussion
- Story telling
- Presentation
- quiz
Standar penilaian :
1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%
Kriteria Kelulusan :
A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%
B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)
C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima
Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas.
2.
Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti
perkuliahan dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi
akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4.
Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari
jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak
mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas
dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat
diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
(1) Minggu |
(2) Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
(3) Bahan Kajian(Materi Ajar) |
(4) Metode Pembelajaran |
(5) Waktu |
(6) Pengalaman Belajar Mahasiswa |
(7) Kriteria dan Indikator Penilaian |
(7 Bobot Nilai (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
|
Kontrak Perkuliahan; Penjelasan obyek kajian mata kuliah |
· Ceramah · Diskusi |
100 menit |
Mendengar dan mencatat bahan kajian yang akan dialaminya selama satu semester. |
|
|
2 |
1. 1.Mahasiswa dapat menjelaskan tentang latar belakang sejarah (1905-1942) 2.Mahasiswa dapat menjelaskan tentang masa pendudukan Jepang (1942-1945) 3.Mahasiswa dapat menjelaskan tentang sistem sejarah perumusan pancasila 4.Mahasiswa dapat menjelaskan tentang konsep rumusan pancasila |
Pancasila Dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiwa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi makalahnya Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. Mahasiswa per individu membuat mind map Mengaitkan materi dengan ayat dalam Al-Qur’an. |
10% |
3 |
1.Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan pendidikan pancasila dari segi historis 2.Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan pendidikan pancasila dari segi kultural 3.Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan tentang pendidikan pancasila dari segi yuridis 4.Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan pendidikan pancasila dari segi filosofis Pancasila Dalam Tinjauan Historis, Kultural, Yuridis Dan Filosofis |
Pancasila Dalam Tinjauan Historis, Kultural, Yuridis Dan Filosofi |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui Pancasila Dalam Tinjauan Historis, Kultural, Yuridis Dan Filosofi
|
10% |
4 |
Mahasiswa mampu memahami tentang Undang Undang Dasar Republik Indonesia 1945 |
Undang Undang Dasar Republik Indonesia 1945 |
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui Undang Undang Dasar Republik Indonesia 1945
|
10% |
5 |
Mahasiswa mampu memahami tentang Pancasila Dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia |
Pancasila Dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia
|
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui Pancasila Dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia |
10% |
6 |
Mahasiswa mampu memahami Pancasila Sebagai Filsafat |
Pancasila Sebagai Filsafat |
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui Pancasila Sebagai Filsafat |
10% |
7 |
Mahasiswa mampu memahami Pancasila dan HAM |
Pancasila dan HAM |
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Kemampuan untuk Pancasila dan HAM |
10% |
8 |
UTS |
|
|
|
|
|
|
9 |
Mahasiswa mampu mere-view materi & ulasan UTS
|
1. Re-view materi & ulasan UTS
|
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan memahami materi tengah semester |
10% |
10 |
Mahasiswa dapat yang memahami Etika Politik Berdasarkan Pancasila |
Etika Politik Berdasarkan Pancasila
|
•Presentasi |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mempraktekkan Speech |
Kriteria: Kemampuan untuk memahami Etika Politik Berdasarkan Pancasila |
10% |
11 |
1.Mhs dapat menjelaskan tentang hakikat negara dan NKRI 2.Mhs dapat menjelaskan tentang negara kebangsaan pancasila 3.Mhs dapat menjelaskan tentang hakikat negara integralistik |
Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui Mhs dapat menjelaskan tentang hakikat negara dan NKRI Mhs dapat menjelaskan tentang negara kebangsaan pancasila Mhs dapat menjelaskan tentang hakikat negara integralistik |
10% |
12 |
1 Mhs dapat menjelaskan dasar hukum lambang negara Bhineka Tunggal Ika 2 Mhs dapat menjelaskan Bhineka Tunggal Ika sebagai Local Wisdom bangsa Indonesia 3 Mhs dapat menjelaskan makna filosofis Bhineka Tunggal Ika |
Bhinneka Tunggal Ika |
• Presentasi |
100 Menit
|
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mempraktekkan Interuption |
Kriteria: Kemampuan untuk Mhs dapat menjelaskan dasar hukum lambang negara Bhineka Tunggal Ika Mhs dapat menjelaskan Bhineka Tunggal Ika sebagai Local Wisdom bangsa Indonesia Mhs dapat menjelaskan makna filosofis Bhineka Tunggal Ika |
10% |
13 |
1.Mhs dapat menjelaskan tentang realisasi pancasila yang objektif serta penjabarannya 2.Mhs dapat menjelaskan tentang realisasi pancasila yang subjektif’ 3.Mhs dapat menjelaskan tentang Internalisasi nilai nilai pancasila 4.Mhs dapat menjelaskan tentang proses pembentukan kepribadian pancasila 5.Mhs dapat menjelaskan tentang sosialisasi dan pembudayaan pancasila |
Realisasi Pancasila |
• Ceramah • Small group discussion |
100 |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui Mhs dapat menjelaskan tentang realisasi pancasila yang objektif serta penjabarannya Mhs dapat menjelaskan tentang realisasi pancasila yang subjektif’ Mhs dapat menjelaskan tentang Internalisasi nilai nilai pancasila Mhs dapat menjelaskan tentang proses pembentukan kepribadian pancasila Mhs dapat menjelaskan tentang sosialisasi dan pembudayaan pancasilabentuk body language dan gestures
|
10% |
14 |
1.Mhs dapat menjelaskan tentang makna pembangunan nasional 2.Mhs dapat mengetahui dan menjelaskan hakikat pembangunan nasional 3.Mhs dapat menjelaskan asas pembangunan nasional 4.Mhs dapat menjelaskan pengamalan pancasila menuju cita cita bangsa Indonesia 5.Mhs dapat mengetahui dan menjelaskan tentang pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan berbangsa |
Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan
|
•Ceramah • Small group discussion |
100 ,menit
|
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui Mhs dapat menjelaskan tentang makna pembangunan nasional Mhs dapat mengetahui dan menjelaskan hakikat pembangunan nasional Mhs dapat menjelaskan asas pembangunan nasional Mhs dapat menjelaskan pengamalan pancasila menuju cita cita bangsa Indonesia Mhs dapat mengetahui dan menjelaskan tentang pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan berbangsa |
10% |
15 |
1.Mhs dapat menjelaskan tentang Konsep globalisasi 2.Mhs dapat mengetahui dan menjelaskan Komunikasi antar budaya 3.Mhs dapat menjelaskan Kompetensi antar budaya 4.Mhs dapat menjelaskan Menghargai keragaman 5.Mhs dapat mengetahui dan menjelaskan tentang Kontribusi pancasila terhadap globalisasi |
Globalisasi |
• Presentasi n Ceramah |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa melakukan presentasi |
Kriteria: Kemampuan untuk menjelaskan tentang Konsep globalisasi, Komunikasi antar budaya Kontribusi pancasila, Menghargai keragamanterhadap globalisasi
|
10% |
16 |
UAS |
|
|
|
|
|
|
Get RPS "Pendidikan Pancasila" by click me
Get ''Kontrak Kuliah Pendidikan Pancasila" by click me
Comments
Post a Comment