Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jln. Sei Batang Serangan No. 04 Kwala Bingai Stabat Kab. Langkat Telp./Fax : (061) 8911655 Kodepos : 20814 Web: stkipalmaksum.ac.id
|
||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah |
: English For Children |
Kode MK |
: PSD01030146 |
Program Studi |
: Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Dosen Pengampu |
: Fernando de Napoli Marpaung Ss, Mpd |
Semester |
: 3 |
SKS |
: 2 |
MATA KULIAH |
KODE |
RUMPUN MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
TGL PENYUSUNAN |
|
English For Children |
PSD01030146 |
MKU |
2 |
III |
27 Juli 2021 |
|
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Ka PRODI |
||||
|
Fernando De Napoli Marpaung Ss,Mpd |
Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd |
|
|||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI ; 1. (S1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious 2. (P4) Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar 3. (KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan 4. (KK1) Mampu merancang model dan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar 5. (KK4) Mampu mengembangkan, menganalisis dan merekontruksi serta mengevaluasi model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif di bidang pendidikan sekolah dasar |
|||||
CP-MK 1. Mahasiswa mampu menguasai pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak ( S1,P4) 2. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak (KUI,KK1,KK4) 2. Mahasiswa mampu menguasai metode pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak (S1.P4,KK1,KK4) |
||||||
Deskripsi Singkat MK |
Perkuliahan ini bertujuan untuk memperkenalkan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar yang meliputi pembelajaran Bahasa inggris untuk anak-anak, metode dan media pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak. Perkuliahan diselenggarakan melalui kegiatan perkuliahan, observasi dan tugas terstruktur. |
|||||
Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan |
1. Review the basic skills of english languange 2. Characteristics of young learners 3. Teaching Vocabulary for children 4. Teaching Grammar for children 5. Teaching Listening for children 6. Teaching Reading for children 7. Teaching Writing for children 8. Teaching speaking for children 9. Method for teaching english for children 10. Media for teaching english for children 11. Microteaching
|
|||||
|
UTAMA : 1. Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. 2002. The primary English teacher’s guide (New Edition). England: Penguin English. 2. Linse, CarolineT. 2005. Young Learners. New York: McGraw Hill. 3. Adiatmana, Donny. 2018. Basic English Grammar. Stabat: Al Maksum press |
|||||
PENDUKUNG :
|
||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat Lunak : |
Perangkat Keras : |
||||
|
LCD dan Proyektor |
|||||
Team Teaching |
Donny Adiatmana Ginting, S.Pd,. M.S Fernando De Napoli S.S., M.Pd |
|||||
Matakuliah Syarat |
Bahasa Inggris |
|||||
(1) Minggu |
(2) Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
(3) Bahan Kajian(Materi Aajar) |
(4) Metode Pembelajaran
|
(5) Waktu |
(6) Pengalaman Belajar Mahasiswa |
(7) Kriteria dan Indikator Penilaian |
(8) Bobot Nilai (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
|
Kontrak Perkuliahan; Penjelasan obyek kajian mata kuliah |
· Ceramah · Diskusi |
100 menit |
Mendengar dan mencatat bahan kajian yang akan dialaminya selama satu semester. |
|
|
2 |
Mahasiswa mampu mengetahui kemampuan dasar Bahasa inggris terdiri dari listening, speaking, reading dan writing |
1. Listening 2. Speaking 3. Reading 4. Writing |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
Kemampuan untuk menyebutkan perbedaan kemampuan dasar Bahasa inggris terdiri dari listening, speaking, reading dan writing
|
10% |
3 |
Mahasiswa mampu mengetahui karakteristik anak-anak dalam pengajaran Bahasa Inggris |
Characteristics of young learners : 1. Very young learners 2. Young learners 3. Older young learners |
· Ceramah · |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa melakukan praktik oral presentation di depan kelas |
Kemampuan untuk menjelaskan perbedaan karakteristik pembelajaran anak-anak terdiri dari very young learners, young learners and older young learners
|
10% |
4 |
Mahasiswa mampu mengetahui kosa kata Bahasa Inggris untuk anak-anak |
1. Animal 2. Weather 3. Parts of the human body 4. Transportation
|
• Ceramah · • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kemampuan untuk mengetahui bentuk kosa kata Bahasa inggris untuk anak-anak.
|
10% |
5 |
Mahasiswa mampu mengetahui Teknik pengajaran kosakata Bahasa inggris untuk anak-anak
|
Teaching vocabulary for children |
• Ceramah · • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
Kemampuan untuk mengetahui Teknik yang tepat untuk pengajaran kosa kata Bahasa Inggris untuk anak-anak
|
10% |
6 |
Mahasiswa mampu mengetahui Teknik pengajaran Listening Bahasa inggris untuk anak-anak
|
Teaching listening for children |
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan |
Kemampuan untuk mengetahui Teknik yang tepat untuk pengajaran Listening Bahasa Inggris untuk anak-anak
|
10% |
7 |
Mahasiswa mampu mengetahui Teknik pengajaran speaking Bahasa inggris untuk anak-anak
|
Teaching speaking for children |
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
Kemampuan untuk mengetahui Teknik yang tepat untuk pengajaran Speaking Bahasa Inggris untuk anak-anak
|
10% |
8 |
UTS |
|
· |
|
|
|
|
9 |
Mahasiswa mampu mengetahui Teknik pengajaran reading Bahasa inggris untuk anak-anak
|
Teaching reading for children |
• Ceramah · • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
Kemampuan untuk mengetahui Teknik yang tepat untuk pengajaran reading Bahasa Inggris untuk anak-anak
|
10% |
10 |
Mahasiswa mampu mengetahui Teknik pengajaran grammar Bahasa inggris untuk anak-anak
|
Teaching grammar for children |
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
Kemampuan untuk mengetahui Teknik yang tepat untuk pengajaran grammar Bahasa Inggris untuk anak-anak
|
10% |
11 |
Mahasiswa mampu mengetahui metode pengajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak |
1. Direct method 2. Total Physical Response 3. Role Play |
• Ceramah · • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
Kemampuan untuk mengetahui metode pengajaran Bahasa Inggris
|
10% |
12&13 |
Mahasiswa mampu mengetahui pembuatan media pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak |
media in english for children |
• Ceramah · • Small group discussion |
200 Menit
|
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
Kemampuan untuk mengidentifikasi dan membuat media pembelajaran sesuai dengan usia dan skill yang dibutuhkan oleh anak-anak
|
20% |
14&15 |
Mahasiswa mempraktikankan rancangan pembelajaran yang sudah dihasilkan dengan rekan sejawat sebagai siswa SD |
Microteaching |
Demonstrasi |
200 |
mempraktikankan rancangan pembelajaran yang sudah dihasilkan dengan rekan sejawat sebagai siswa SD |
Kemampuan untuk mempraktikkan rancangan pembelajaran yang sudah dihasilkan.
|
20% |
16 |
FINAL TEST |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Comments
Post a Comment