Skip to main content

RPS English for Children (Elementry School)

 



Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jln. Sei Batang Serangan No. 04 Kwala Bingai Stabat Kab. Langkat

Telp./Fax : (061) 8911655 Kodepos : 20814

Web: stkipalmaksum.ac.id

 







RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

 

Mata Kuliah

: English For Children

Kode MK

: PSD01030146

Program Studi

: Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dosen Pengampu

: Fernando de Napoli Marpaung Ss, Mpd

Semester

: 3

SKS

: 2

 

MATA KULIAH

KODE

RUMPUN MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

TGL PENYUSUNAN

English For Children

PSD01030146

MKU

2

III

27 Juli 2021

Dosen Pengembang RPS

Koordinator RMK

Ka PRODI

 

Fernando De Napoli Marpaung  Ss,Mpd

Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd

 

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI ;

1. (S1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

2. (P4) Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

3. (KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan

4. (KK1) Mampu merancang model dan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar

5. (KK4) Mampu mengembangkan, menganalisis dan merekontruksi  serta mengevaluasi model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif di bidang pendidikan sekolah dasar

CP-MK

1. Mahasiswa mampu menguasai pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak ( S1,P4)

2. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak (KUI,KK1,KK4)

2. Mahasiswa mampu menguasai metode pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak (S1.P4,KK1,KK4)

Deskripsi Singkat MK

Perkuliahan ini bertujuan untuk memperkenalkan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar yang meliputi pembelajaran  Bahasa inggris untuk anak-anak,  metode dan media pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak. Perkuliahan diselenggarakan melalui kegiatan perkuliahan, observasi dan tugas terstruktur.

Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan

1. Review the basic skills of english languange

2. Characteristics of young learners

3. Teaching Vocabulary for children

4. Teaching Grammar for children

5. Teaching Listening for children

6. Teaching Reading for children

7. Teaching Writing for children

8. Teaching speaking for children

9.  Method for teaching english for children

10. Media for teaching english for children

11. Microteaching

 

 

UTAMA :

1. Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. 2002. The primary English teacher’s guide (New Edition). England: Penguin English.

2. Linse, CarolineT. 2005. Young Learners. New York: McGraw Hill.

3. Adiatmana, Donny. 2018.  Basic English Grammar. Stabat: Al Maksum press

PENDUKUNG :

 

Media Pembelajaran

Perangkat Lunak :

Perangkat Keras :

 

LCD dan Proyektor

Team Teaching

Donny Adiatmana Ginting, S.Pd,. M.S

Fernando De Napoli S.S., M.Pd

Matakuliah Syarat

Bahasa Inggris








 

(1)

Minggu

(2)

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

(3)

Bahan Kajian(Materi Aajar)

(4)

Metode Pembelajaran

 

(5)

Waktu

(6)

Pengalaman Belajar Mahasiswa

(7)

Kriteria dan Indikator Penilaian

(8)

Bobot Nilai (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

 1

 

Kontrak Perkuliahan;

Penjelasan obyek kajian mata kuliah

·  Ceramah

·  Diskusi

 

100

menit

Mendengar dan mencatat bahan kajian yang akan dialaminya selama satu semester.

 

 

 2

Mahasiswa mampu mengetahui kemampuan dasar Bahasa inggris terdiri dari listening, speaking, reading dan writing

1. Listening

2. Speaking

3. Reading

4. Writing

·  Ceramah

·  Small group discussion

 

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

Kemampuan untuk menyebutkan perbedaan kemampuan dasar Bahasa inggris terdiri dari listening, speaking, reading dan writing

 

10%

3

Mahasiswa mampu mengetahui karakteristik anak-anak dalam pengajaran Bahasa Inggris

Characteristics of young learners :

1. Very young learners

2. Young learners

3. Older young learners

·  Ceramah

·   

 

 

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa melakukan praktik oral presentation di depan kelas

Kemampuan untuk menjelaskan perbedaan karakteristik pembelajaran anak-anak terdiri dari very young learners, young learners and older young learners

 

10%

 4

Mahasiswa mampu mengetahui kosa kata Bahasa Inggris untuk anak-anak

1.       Animal

2.       Weather

3.       Parts of the human body

4.       Transportation

 

• Ceramah

·  • Small group discussion

 

 

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mengerjakan tugas

Kemampuan untuk mengetahui bentuk  kosa kata Bahasa inggris untuk anak-anak.

 

10%

5

Mahasiswa mampu mengetahui Teknik pengajaran kosakata Bahasa inggris untuk anak-anak

 

Teaching vocabulary for children

• Ceramah

·  • Small group discussion

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Kemampuan untuk mengetahui Teknik yang tepat untuk pengajaran kosa kata Bahasa Inggris untuk anak-anak

 

10%

6

Mahasiswa mampu mengetahui Teknik pengajaran Listening Bahasa inggris untuk anak-anak

 

Teaching listening for children

• Ceramah

• Small group discussion

 

100

menit

 

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

Kemampuan untuk mengetahui Teknik yang tepat untuk pengajaran Listening Bahasa Inggris untuk anak-anak

 

10%

7

Mahasiswa mampu mengetahui Teknik pengajaran speaking Bahasa inggris untuk anak-anak

 

Teaching speaking for children

• Ceramah

• Small group discussion

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Kemampuan untuk mengetahui Teknik yang tepat untuk pengajaran Speaking Bahasa Inggris untuk anak-anak

 

10%

8

UTS

 

·   

 

 

 

 

9

Mahasiswa mampu mengetahui Teknik pengajaran reading Bahasa inggris untuk anak-anak

 

Teaching reading for children

• Ceramah

·  • Small group discussion

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

Kemampuan untuk mengetahui  Teknik yang tepat untuk pengajaran reading Bahasa Inggris untuk anak-anak

 

 

10%

10

Mahasiswa mampu mengetahui Teknik pengajaran grammar Bahasa inggris untuk anak-anak

 

Teaching grammar for children

• Ceramah

• Small group discussion

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

Kemampuan untuk mengetahui Teknik yang tepat untuk pengajaran grammar Bahasa Inggris untuk anak-anak

 

10%

11

 

Mahasiswa mampu mengetahui metode pengajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak

1. Direct method

2. Total Physical Response

3. Role Play

• Ceramah

·  • Small group discussion

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

Kemampuan untuk mengetahui metode pengajaran Bahasa Inggris

 

10%

12&13

 

Mahasiswa mampu mengetahui pembuatan media pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak

media in english for children

• Ceramah

·  • Small group discussion

200

Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

Kemampuan untuk mengidentifikasi dan membuat media pembelajaran sesuai dengan usia dan skill yang dibutuhkan oleh anak-anak

 

 

20%

14&15

Mahasiswa mempraktikankan rancangan pembelajaran yang sudah dihasilkan dengan rekan sejawat sebagai siswa SD

Microteaching

Demonstrasi

 

200
menit

 

mempraktikankan rancangan pembelajaran yang sudah dihasilkan dengan rekan sejawat sebagai siswa SD

Kemampuan untuk mempraktikkan rancangan pembelajaran yang sudah dihasilkan.

 

 

20%

16

FINAL TEST

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

 

Comments

Popular posts from this blog

RPS Pendidikan Anti Korupsi

        Mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah salah satu mata kuliah yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan korupsi. Pada umumnya, mata kuliah ini akan membahas topik-topik seperti: Pengertian dan pemahaman tentang korupsi Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korupsi Strategi dan tindakan pencegahan korupsi Peran serta masyarakat dalam memerangi korupsi Tanggung jawab pemerintah dalam mencegah dan mengatasi korupsi Hukum dan sanksi bagi pelaku korupsi Studi kasus dan analisis tentang korupsi di Indonesia dan negara lain Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang korupsi dan bagaimana cara untuk memeranginya. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki sikap pro-aktif dan bertanggung jawab dalam memerangi korupsi. ?...

Pokok-pokok tindakan pertolongan dalam kepramukaan

    Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan  Dalam meningkatkan  kwalitas dan keterampilan anggota pramuka, Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan harus diketahui, berikut pengetahuan tentang P3K yang dipupuk ke anggota Pramuka dalam meningkatkan Scoting Skil, sebagai berikut : 1. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang memberikan bekal peserta didik dalam hal pengalaman : a. Kewajiban diri untuk mengamalkan kode kehoramatan pramuka b. Kepeduliannya terhadap masyarakat/orang lain c. Kepeduliannya terhadap usaha meningkatkan citra Gerakan Pramuka di masyarakat 2. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan seperangkat ketrampilan dan pengetahuan kesehatan yang praktis dalam memberikan bantuan pertama kepada orang lain yang sedang mengalami musibah, antara lain pada...

Langkat Sultanate history-Reading Comprehension

  Sultanate of Langkat The Langkat Sultanate is a kingdom that used to rule in the Langkat Regency, North Sumatra now. The Langkat Sultanate became prosperous because of the opening of rubber plantations and the discovery of oil reserves in Pangkalan Brandan. The Langkat Sultanate is the oldest of the Malay monarchies in East Sumatra. In 1568, in what is now called "Hamparan Perak", a high-ranking "Kingdom of Aru" named Dewa Shahdan managed to save himself from the attack of the Sultanate of Aceh and founded a kingdom. This kingdom became the forerunner of the modern Langkat Sultanate. The name Langkat comes from the name of a tree that resembles a langsat tree. The Langkat tree has fruit that is larger than the langsat fruit but smaller than the duku fruit. It tastes bitter and tart. This tree was once often found on the banks of the Langkat River, namely in the lower reaches of the Batang Serangan River which flows through the city of Tanjung Pura. However, ...