Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jln. Sei Batang Serangan No. 04 Kwala Bingai Stabat Kab. Langkat Telp./Fax : (061) 8911655 Kodepos : 20814 Web: stkipalmaksum.ac.id
|
||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah |
: KEPRAMUKAAN II |
Kode MK |
: AMK201708 |
Program Studi |
: Pendidikan Bahasa Inggris |
Dosen Pengampu |
: Fernando De Napoli Marpaung SS, Mpd |
Semester |
: III |
SKS |
: 2 |
MATA KULIAH |
KODE |
RUMPUN MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
TGL PENYUSUNAN |
|
KEPRAMUKAAN II |
AMK201708 |
MKU |
2 |
III |
1 Agustus 2021 |
|
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Ka PRODI |
||||
|
Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd |
Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd |
TTD |
|||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI ; 1. (S1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious 2. (S5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat 3. (P7) Menguasai konsep-konsep dasar P3K, Berkemah dan lingkungan
|
|||||
|
CP-MK 1. Mengetahui tentang P3K (KU6) 2. Mengidentifikasi nilai-nilai dasar pramuka (KU6) 3. Melakukan praktik berkemah (KU6) 4. Melakukan pengenalan alam dan lingkungan (KU6) 5. Mengetahui cara bertahan hidup (KU6) 6. Mampu menerapkan konsep dasar P3K, Berkemah dan lingkungan (kk6) |
|||||
Deskripsi Singkat MK |
Dalam perkuliahan ini dibahas Dasar Filsafat, Metode Pendidikan Kepramukaan, Fungsi dan Peranan Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa, Sejarah Kepanduan, Lima Faktor Pendidikan Kepanduan. Organisasi Gerakan Kepramukaan, Kiasan Dasar-Sistem dan Metode, Macam-macam Upacara, Pedoman Teknik Kepanduan I sampai V, dan Mengenal Peralatan Latihan Kepanduan |
|||||
Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan |
1. Kontrak perkuliahan, riview konsep, silabus mata kuliah, tata tertib perkuliahan 2. Dasar Filsafat Metode Pendidikan Kepanduan 3. Sejarah Kepanduan; Perintis Kepanduan Dunia, Gagasan Pendidikan Kepramukaan ( 4. Lima Faktor Pendidikan Kepanduan 5. Organisasi Gerakan Pramuka; Struktur organisasi pramuka 6. Kiasan dasar. Sistem dan Metoda: Kesukarelaan 7. Administrasi dalam Kepramukaan 8. Fungsi dan Peranan Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa 9. Falsafah Kepramukaan: Pancasila, Tri Satya, Dasa Dharma, AD & ART 10. P3K Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi 11. Keterampilan Pramuka I; Api unggun, Teknik menggambar, panorama, Tanda medan dan tanda jejak, Wide Game 12. Keterampilan Pramuka II; Sandi & Morse, Semaphore, Komunikasi Udara, Simpul & Ikatan 13. Keterampilan Pramuka III; Macam-macam Upacara, Baris Berbaris, Bentuk Barisan, Lagulagu Pramuka |
|||||
|
UTAMA : 1. Kepramukaan.pdf
|
|||||
PENDUKUNG : Sumardiyanto. (2005). Buku Ajar Mata Kuliah Kepramukaan. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia . |
||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat Lunak : |
Perangkat Keras : |
||||
|
LCD dan Proyektor |
|||||
Team Teaching |
Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd |
|||||
Mata kuliah |
Kepramukaan II |
|||||
(1) Minggu |
(2) Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
(3) Bahan Kajian(Materi Aajar) |
(4) Metode Pembelajaran
|
(5) Waktu |
(6) Pengalaman Belajar Mahasiswa |
(7) Kriteria dan Indikator Penilaian |
(8) Bobot Nilai (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
Mahasiswa mampu memahami tentang tujuan dan pengetahuan secara umum kajian dalam mata kuliah |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan kontrak perkuliahan 2. Mahasiswa mampu menjelaskan silabus mata kuliah 3. Mahasiswa mampu menjelaskan tata tertib perkuliahan |
· Ceramah · Diskusi |
100 menit |
1. Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
|
|
2 |
- Mahasiswa mampu menganalisis, menjelaskan Dasar Filsafat Metode Pendidikan Kepanduan
|
Dasar Filsafat Metode Pendidikan Kepanduan
|
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
Kriteria: 1. Mahasiswa mampu menjelaskan dasar filsafay metode pendidikan kepaduan 2. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kesukarelaan |
10% |
3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan Sejarah Kepanduan; Perintis Kepanduan Dunia, Gagasan Pendidikan Kepramukaan |
Sejarah Kepanduan; Perintis Kepanduan Dunia, Gagasan Pendidikan Kepramukaan
|
· Ceramah · Small group discussion · Role- play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa memainkan peran yang berhubungan dengan materi |
Kriteria: Ketepatan menjelaskan dan menyebutkan Sejarah Kepanduan; Perintis Kepanduan Dunia, Gagasan Pendidikan Kepramukaan |
10% |
4 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan, menyebutkan, Lima Faktor Pendidikan Kepanduan |
Lima Faktor Pendidikan Kepanduan |
· Ceramah · Small group discussion
|
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
|
|
5 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan, dan menyebutkan Organisasi Gerakan Pramuka; Struktur organisasi pramuka |
Organisasi Gerakan Pramuka; Struktur organisasi pramuka |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
-Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan - Quiz |
Ketepatan menjawab pertanyaan |
10% |
6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan, menganalisis Kiasan dasar. Sistem dan Metoda: Kesukarelaan |
Kiasan dasar. Sistem dan Metoda: Kesukarelaan |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
-Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan - Menonton video dan mempresentasikannya |
Ketepatan menjelaskan |
10% |
7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan, dan menganalisis Administrasi dalam Kepramukaan |
Administrasi dalam Kepramukaan |
· Ceramah · Small group discussion
|
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
|
|
8 |
MID TEST |
|
· |
|
|
|
|
9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan, Fungsi dan Peranan Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa |
Fungsi dan Peranan Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa |
· Ceramah · Small group discussion
|
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas |
Kriteria: Ketepatan menjawab tugas |
10% |
10 |
-: Mahasiswa mampu menjelaskan, Falsafah Kepramukaan: Pancasila, Tri Satya, Dasar Dharma, AD & ART |
Falsafah Kepramukaan: Pancasila, Tri Satya, Dasar Dharma, AD & ART |
· Ceramah · Small group discussion · Role play · Game activity |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas |
Kriteria: -Menjawab pertanyaan secara tepat -menjelaskan dan mendeskripsikan sesuatu secara tepat |
10% |
11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendemonstrasi kan tentang Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi |
Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportas |
· Ceramah · Small group discussion · Role play
|
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.mahasiswa bermain peran
|
|
|
12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendemonstrasi kan Keterampilan Pramuka I; Api unggun, Teknik menggambar, panorama, Tanda medan dan tanda jejak, Wide Game |
Keterampilan Pramuka I; Api unggun, Teknik menggambar, panorama, Tanda medan dan tanda jejak, Wide Game |
· Ceramah · Small group discussion · Role play
|
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas 3. mahasiswa bermain peran |
Kriteria: Kemampuan memainkan peran dengan baik |
10% |
13-14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan, dan mendemonstrasi kan Keterampilan Pramuka II; Sandi & Morse, Semaphore, Komunikasi Udara, Simpul & Ikatan |
Keterampilan Pramuka II; Sandi & Morse, Semaphore, Komunikasi Udara, Simpul & Ikatan. |
· Ceramah · Small group discussion · Role play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas 3. mahasiswa bermain peran |
Kriteria: Kemampuan memainkan peran dengan baik |
10% |
15 |
-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan Keterampilan Pramuka ; Macam-macam Upacara, Baris Berbaris, Bentuk Barisan, Lagulagu Pramuka |
Keterampilan Pramuka III; Macam-macam Upacara, Baris Berbaris, Bentuk Barisan, Lagu-lagu Pramuka |
· Ceramah · Small group discussion · Role play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas 3. mahasiswa bermain peran |
Kriteria: Kemampuan memainkan peran dengan baik |
10% |
16 |
FINAL TEST |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Comments
Post a Comment