Skip to main content

RPS Kepramukaan II

 



Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Jln. Sei Batang Serangan No. 04 Kwala Bingai Stabat Kab. Langkat

Telp./Fax : (061) 8911655 Kodepos : 20814

Web: stkipalmaksum.ac.id

 







RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

 

Mata Kuliah

: KEPRAMUKAAN  II

Kode MK

: AMK201708

Program Studi

: Pendidikan Bahasa Inggris

Dosen Pengampu

: Fernando De Napoli Marpaung SS, Mpd

Semester

: III

SKS

: 2

 

MATA KULIAH

KODE

RUMPUN MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

TGL PENYUSUNAN

KEPRAMUKAAN II

AMK201708

MKU

2

III

1 Agustus 2021

Dosen Pengembang RPS

Koordinator RMK

Ka PRODI

 

Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd

Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd

TTD

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI ;

1. (S1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

2. (S5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat

3. (P7) Menguasai konsep-konsep dasar P3K, Berkemah dan lingkungan

 

 

CP-MK

1.  Mengetahui tentang P3K (KU6)

2.  Mengidentifikasi nilai-nilai dasar pramuka (KU6)

3. Melakukan praktik berkemah (KU6)

4. Melakukan pengenalan alam dan lingkungan (KU6)

5. Mengetahui cara bertahan hidup  (KU6)

6. Mampu menerapkan konsep dasar P3K, Berkemah dan lingkungan (kk6)

Deskripsi Singkat MK

Dalam perkuliahan ini dibahas Dasar Filsafat, Metode Pendidikan Kepramukaan, Fungsi dan Peranan Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa, Sejarah Kepanduan, Lima Faktor Pendidikan Kepanduan. Organisasi Gerakan Kepramukaan, Kiasan Dasar-Sistem dan Metode, Macam-macam Upacara, Pedoman Teknik Kepanduan I sampai V, dan Mengenal Peralatan Latihan Kepanduan

Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan

1. Kontrak perkuliahan, riview konsep, silabus mata kuliah, tata tertib perkuliahan

2. Dasar Filsafat Metode Pendidikan Kepanduan

3. Sejarah Kepanduan; Perintis Kepanduan Dunia, Gagasan Pendidikan Kepramukaan (

4. Lima Faktor Pendidikan Kepanduan

5. Organisasi Gerakan Pramuka; Struktur organisasi pramuka

6. Kiasan dasar. Sistem dan Metoda: Kesukarelaan

7. Administrasi dalam Kepramukaan

8. Fungsi dan Peranan Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa

9. Falsafah Kepramukaan: Pancasila, Tri Satya, Dasa Dharma, AD & ART

10. P3K Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi

11. Keterampilan Pramuka I; Api unggun, Teknik menggambar, panorama, Tanda medan dan tanda jejak, Wide Game

12. Keterampilan Pramuka II; Sandi & Morse, Semaphore, Komunikasi Udara, Simpul & Ikatan

13. Keterampilan Pramuka III; Macam-macam Upacara, Baris Berbaris, Bentuk Barisan, Lagulagu Pramuka

 

UTAMA :

1.        Kepramukaan.pdf

 

PENDUKUNG :

Sumardiyanto. (2005). Buku Ajar Mata Kuliah Kepramukaan. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia .

Media Pembelajaran

Perangkat Lunak :

Perangkat Keras :

 

LCD dan Proyektor

Team Teaching

Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd

Mata kuliah

Kepramukaan II








 

 

 

 

 

(1)

Minggu

(2)

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

(3)

Bahan Kajian(Materi Aajar)

(4)

Metode Pembelajaran

 

(5)

Waktu

(6)

Pengalaman Belajar Mahasiswa

(7)

Kriteria dan Indikator Penilaian

(8)

Bobot Nilai (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Mahasiswa mampu memahami tentang tujuan dan pengetahuan secara umum kajian dalam mata kuliah

1. Mahasiswa mampu menjelaskan kontrak perkuliahan                  2. Mahasiswa mampu menjelaskan silabus mata kuliah 3. Mahasiswa mampu menjelaskan tata tertib perkuliahan

·  Ceramah

·  Diskusi

100 menit

1. Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

 

2

- Mahasiswa mampu menganalisis, menjelaskan Dasar Filsafat Metode Pendidikan Kepanduan

 

 Dasar Filsafat Metode Pendidikan Kepanduan

 

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Kriteria:

1. Mahasiswa mampu menjelaskan dasar filsafay metode pendidikan kepaduan 2. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kesukarelaan

10%

3

Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan Sejarah Kepanduan; Perintis Kepanduan Dunia, Gagasan Pendidikan Kepramukaan

Sejarah Kepanduan; Perintis Kepanduan Dunia, Gagasan Pendidikan Kepramukaan

 

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role-  play

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa memainkan peran yang berhubungan dengan materi

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan dan menyebutkan Sejarah Kepanduan; Perintis Kepanduan Dunia, Gagasan Pendidikan Kepramukaan

10%

4

- Mahasiswa mampu menjelaskan, menyebutkan, Lima Faktor Pendidikan Kepanduan

Lima Faktor Pendidikan Kepanduan

·  Ceramah

·  Small group discussion

 

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

 

 

5

- Mahasiswa mampu menjelaskan, dan menyebutkan Organisasi Gerakan Pramuka; Struktur organisasi pramuka

Organisasi Gerakan Pramuka; Struktur organisasi pramuka

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

-Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

- Quiz

Ketepatan menjawab pertanyaan

10%

6

Mahasiswa mampu menjelaskan, menganalisis Kiasan dasar. Sistem dan Metoda: Kesukarelaan

Kiasan dasar. Sistem dan Metoda: Kesukarelaan

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

-Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

- Menonton video dan mempresentasikannya

Ketepatan menjelaskan

10%

7

Mahasiswa mampu menjelaskan, dan menganalisis Administrasi dalam Kepramukaan

Administrasi dalam Kepramukaan

·  Ceramah

·  Small group discussion

 

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

 

8

MID TEST

 

·   

 

 

 

 

9

Mahasiswa mampu menjelaskan, Fungsi dan Peranan Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa

Fungsi dan Peranan Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa

·  Ceramah

·  Small group discussion

 

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

Ketepatan menjawab tugas

10%

10

-: Mahasiswa mampu menjelaskan, Falsafah Kepramukaan: Pancasila, Tri Satya, Dasar Dharma, AD & ART

Falsafah Kepramukaan: Pancasila, Tri Satya, Dasar Dharma, AD & ART

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role play

·  Game activity

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

-Menjawab pertanyaan secara tepat

-menjelaskan dan mendeskripsikan sesuatu secara tepat

10%

11

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendemonstrasi kan tentang Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi

Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportas

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role play

 

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.mahasiswa bermain peran

 

 

 

12

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendemonstrasi kan Keterampilan Pramuka I; Api unggun, Teknik menggambar, panorama, Tanda medan dan tanda jejak, Wide Game

Keterampilan Pramuka I; Api unggun, Teknik menggambar, panorama, Tanda medan dan tanda jejak, Wide Game

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role play

 

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

3. mahasiswa bermain peran

Kriteria:

Kemampuan memainkan peran dengan baik

10%

13-14

Mahasiswa mampu menjelaskan, dan mendemonstrasi kan Keterampilan Pramuka II; Sandi & Morse, Semaphore, Komunikasi Udara, Simpul & Ikatan

Keterampilan Pramuka II; Sandi & Morse, Semaphore, Komunikasi Udara, Simpul & Ikatan.

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role play

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

3. mahasiswa bermain peran

Kriteria:

Kemampuan memainkan peran dengan baik

10%

15

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan Keterampilan Pramuka ; Macam-macam Upacara, Baris Berbaris, Bentuk Barisan, Lagulagu Pramuka

Keterampilan Pramuka III; Macam-macam Upacara, Baris Berbaris, Bentuk Barisan, Lagu-lagu Pramuka

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role play

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

3. mahasiswa bermain peran

Kriteria:

Kemampuan memainkan peran dengan baik

10%

16

FINAL TEST

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

 

Comments

Popular posts from this blog

RPS Pendidikan Anti Korupsi

        Mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah salah satu mata kuliah yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan korupsi. Pada umumnya, mata kuliah ini akan membahas topik-topik seperti: Pengertian dan pemahaman tentang korupsi Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korupsi Strategi dan tindakan pencegahan korupsi Peran serta masyarakat dalam memerangi korupsi Tanggung jawab pemerintah dalam mencegah dan mengatasi korupsi Hukum dan sanksi bagi pelaku korupsi Studi kasus dan analisis tentang korupsi di Indonesia dan negara lain Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang korupsi dan bagaimana cara untuk memeranginya. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki sikap pro-aktif dan bertanggung jawab dalam memerangi korupsi. ?...

Pokok-pokok tindakan pertolongan dalam kepramukaan

    Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan  Dalam meningkatkan  kwalitas dan keterampilan anggota pramuka, Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan harus diketahui, berikut pengetahuan tentang P3K yang dipupuk ke anggota Pramuka dalam meningkatkan Scoting Skil, sebagai berikut : 1. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang memberikan bekal peserta didik dalam hal pengalaman : a. Kewajiban diri untuk mengamalkan kode kehoramatan pramuka b. Kepeduliannya terhadap masyarakat/orang lain c. Kepeduliannya terhadap usaha meningkatkan citra Gerakan Pramuka di masyarakat 2. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan seperangkat ketrampilan dan pengetahuan kesehatan yang praktis dalam memberikan bantuan pertama kepada orang lain yang sedang mengalami musibah, antara lain pada...

Langkat Sultanate history-Reading Comprehension

  Sultanate of Langkat The Langkat Sultanate is a kingdom that used to rule in the Langkat Regency, North Sumatra now. The Langkat Sultanate became prosperous because of the opening of rubber plantations and the discovery of oil reserves in Pangkalan Brandan. The Langkat Sultanate is the oldest of the Malay monarchies in East Sumatra. In 1568, in what is now called "Hamparan Perak", a high-ranking "Kingdom of Aru" named Dewa Shahdan managed to save himself from the attack of the Sultanate of Aceh and founded a kingdom. This kingdom became the forerunner of the modern Langkat Sultanate. The name Langkat comes from the name of a tree that resembles a langsat tree. The Langkat tree has fruit that is larger than the langsat fruit but smaller than the duku fruit. It tastes bitter and tart. This tree was once often found on the banks of the Langkat River, namely in the lower reaches of the Batang Serangan River which flows through the city of Tanjung Pura. However, ...