Get RPS for "Profesi keguruan" by click me
Get "Kontrak Kuliah" by click me
(1) Minggu |
(2) Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
(3) Bahan Kajian(Materi Aajar) |
(4) Metode Pembelajaran |
(5) Waktu |
(6) Pengalaman Belajar Mahasiswa |
(7) Kriteria dan Indikator Penilaian |
(7 Bobot Nilai (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
|
Kontrak Perkuliahan; Penjelasan obyek kajian mata kuliah |
· Ceramah · Diskusi |
100 menit |
Mendengar dan mencatat bahan kajian yang akan dialaminya selama satu semester. |
|
|
2&3 |
Mahasiswa mampu mengetahui definisi, peran dan fungsi Guru |
1. Definisi Guru 2. Peran Guru 3. Fungsi Guru |
· Ceramah · Small group discussion |
100 Menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas
|
Kemampuan untuk mengetahui definisi, peran dan fungsi Guru
Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunikasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
4&5 |
Mahasiswa mampu mengetahui kualifikasi dan kompetensi Guru |
1. Kompetensi pedagogic 2. Kompetensi kepribadian 3.Kompetensi professional 4.Kompetensi sosial |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui kualifikasi dan kompetensi Guru Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunikasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
6 |
Mahasiswa mampu mengetahui hak dan kewajiban guru |
1. Hak Guru 2. Kewajiban Guru
|
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui hak dan kewajiban guru Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
7 |
Mahasiswa mampu mengetahui etika profesi guru |
1. Profesi 2. Etika
|
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui etika profesi guru Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
8 |
UTS |
|
|
|
|
|
|
9&10 |
Mahasiswa mampu mengetahui kompetensi guru Bahasa inggris pada jenjang SMA/SMK/MA |
1.Kompetensi professional 2. Kompetensi pedagogik
|
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui kompetensi guru Bahasa inggris pada jenjang SMA/SMK/MA Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
11&12 |
Mahasiswa mampu mengetahui ruang lingkup profesi keguruan |
Ruang lingkup profesi keguruan
|
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui ruang lingkup profesi keguruan Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
13&14 |
Mahasiswa mampu mengetahui peranan guru dalam Pendidikan karakter |
Peranan Guru terhadap Pendidikan Karakter
|
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui peranan guru dalam Pendidikan karakter Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
15 |
Mahasiswa mampu mengetahui peranan guru terhadap Pendidikan |
Peranan Guru terhadap Pendidikan |
• Small group discussion -Ceramah
|
100 |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui peranan guru dalam Pendidikan di Indonesia
Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
16 |
UAS |
|
|
|
|
|
|
Name: Rafly Firmansyah Putra
ReplyDeleteNIM: 2104030039