|
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jln. Sei Batang Serangan No. 04 Kwala Bingai Stabat Kab. Langkat Telp./Fax : (061) 8911655 Kodepos : 20814 Web: stkipalmaksum.ac.id
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah |
: PUBLIC SPEAKING |
Kode MK |
: PBI03020111 |
Program Studi |
: Pendidikan Bahasa Inggris |
Dosen Pengampu |
: Fernando De Napoli Marpaung Ss, MPd |
Semester |
: 2 |
SKS |
: 3 |
MATA KULIAH |
KODE |
RUMPUN MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
TGL PENYUSUNAN |
|
Public Speaking |
|
MKBK |
2 |
3 |
1 Agustus 2021 |
|
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Ka PRODI |
||||
|
Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd |
Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd |
TTD |
|||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI ; 1. (S1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious 2. (S5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 3. (P1) Menguasai fungsi-fungsi bahasa dalam Bahasa Inggris formal dalam konteks akademik terkait dengan pidato dan presentasi 4. (P2) Menguasai konsep-konsep dasar komunikasi non verbal 4. (KU1) Menerapkan konsep-konsep kepatutan, ketepatan, kelancaran, dan keefektifan dalam penggunaan Bahasa Inggris lisan 5. (KK1) Mampu mendemostrasikan isi pidato yang terdiri dari greeting dan addressing), penyampaian isi, dan penutupan (summarizing/ concluding dan ending remarks) |
|||||
CP-MK 1. Mahasiswa mampu menguasai fungsi-fungsi bahasa dalam Bahasa Inggris formal dalam konteks akademik terkait dengan pidato dan presentasi ( P1,KK1) 2. Mahasiswa mampu menguasai fungsi-fungsi bahasa dalam Bahasa Inggris formal dalam konteks akademik terkait dengan pidato dan presentasi( S5, S1,KU1) 3. Mampu mendemostrasikan isi pidato yang terdiri dari greeting dan addressing), penyampaian isi, dan penutupan (summarizing/ concluding dan ending remarks) ( KK1) |
||||||
Deskripsi Singkat MK |
Mata kuliah ini bertujuan untuk membangun keterampilan siswa dalam berbicara di depan umum. Pembelajaran dirancang untuk membekali siswa dengan sumber daya dan kegiatan terpadu untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum seperti pemahaman bahasa formal dan non formal terkait konteks akademik, serta pengetahuan komunikasi non verbal sehingga peserta didik lebih aktif, responsif, dan terampil berbagai peran dituntut dalam kegiatan komunikasi wicara. Dengan demikian, mahasiswa/i harus mengikuti serangkaian kegiatan kelas dirancang untuk melakukan Public Speaking |
|||||
Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan |
1. The Background of Public Speaking 2. The Ways of Public Speaking 3. The History of Rhetoric 4. Retelling 5. The Technique of Persuasive 6. The Theory of Communication 7. The Verbal and nonverbal Communication 8. Mass Communication 9. The Theory of Humor of Public Speaking 10. Public Speaking as Media of Communication
|
|||||
|
1.Charles Bonar Sirait. The Power of Public Speaking 2.Charles Bonar Sirait. Public Speaking and Business 4. https://www.teachingenglish.org.uk/teaching-teens/resources |
|||||
|
||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat Lunak : |
Perangkat Keras : |
||||
|
LCD dan Proyektor |
|||||
Team Teaching |
Fernando de Napoli Marpaung, Muhammad Hassan, M.Pd |
|||||
Matakuliah Syarat |
Public Speaking |
|||||
(1) Minggu |
(2) Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
(3) Bahan Kajian(Materi Aajar) |
(4) Metode Pembelajaran
|
(5) Waktu |
(6) Pengalaman Belajar Mahasiswa |
(7) Kriteria dan Indikator Penilaian |
(8) Bobot Nilai (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
|
Kontrak Perkuliahan; Penjelasan obyek kajian mata kuliah |
· Ceramah · Diskusi |
100 menit |
Mendengar dan mencatat bahan kajian yang akan dialaminya selama satu semester. |
|
|
2 |
Mahasiswa mampu memahami tentang Background of Public Speaking |
1.Background of Public Speaking 2.Telling briefly Background of about The Public Speaking
|
· Ceramah Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiwa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: kemampuan untuk mempraktekkan ke depan kelas cara-cara pibic speaking tersebut. Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
3 |
Mahasiswa mampu memahami dam mmpraktekkan ways of public speaking |
1.The ways of Public Speaking 2. The application of The ways of Public Speaking
|
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui kosa kata pada anggota keluarga Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
4 |
Mahasiswa mampu memahami tentang th history of rhetoric |
1.Rhetorial history 2.Rhetorical strategies 3.Rhetorical devices
|
• Ceramah · • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui kosa kata di dalam kampus dan universitas serta ruang lingkup pendidikan Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
5 |
Mahasiswa mampu memahami tentang retelling |
1.Definition of retelling 2.retelling strategy
|
• Ceramah · • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui kosa kata dalam memoerkenalkan diri beserta hobby pribadi Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
6 |
Mahasiswa mampu memahami tentang the technique of persuasive |
1.Definition of persuasive 2.Technique of persuasive |
• Ceramah · • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui kosa kata vacation dan destination Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
7 |
Mahasiswa memahami Public Speaking sbg komunikasi massa |
1. Pengertian komunikasi massa 2. Fungsi komunikasi massa Teori, model dan efek komunikasi masa |
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi |
Kriteria: Kemampuan untuk memahami definisi Commerce dan jual-beli dalam bahasa inggris Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
8 |
UTS |
|
|
|
|
|
|
9 |
Mahasiswa mampu mere-view materi & ulasan UTS Mahasiswa mampu menjadi pembicara serta melakukan presentasi materi dengan menggunakan alat bantu media |
1. Re-view materi & ulasan UTS
2. Teknik dalam penyampaian presentasi
3. Alat bantu presentasi
4. Jenis pidato & bentuk diskusi
|
• Ceramah · • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui cara melakukan Speech Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
10 |
Mahasiswa dapat yang memahami sistematika penulisan naskah termasuk naskah presentasi
|
1. Sistematika penulisan naskah 2. Sistematika penulisan presentasi 3. Penyusunan pidato 4. Aplikasi Retorika
|
· •Presentasi |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mempraktekkan Speech |
Kriteria: Kemampuan untuk mempraktekkan Speech Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
11 |
1. Mahasiswa mampu menyelami sebagai khalayak public speaking
1. Mahasiswa mengetahui hambatan-hambatan dalam komunikasi kelompok
|
1. Khalayak sebagai bagian dari public speaking
2. Komunikasi massa kategori pendengar atau khalayak dalam public speaking
3. Teori komunikasi kelompok
|
• Ceramah • Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui bentuk-bentuk interupsi Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
12 |
1 Mahasiswa mampu membuat langkah-langkah dalam melakukan presentasi 2 Persiapan matang presentasi
|
1. Tahapan / Langkah-langkah dalam membuat presentasi
2. Teknik melatih vokal yang baik
Kekuatan sekaligus pengendalian emosi untuk keberhasilan komunikasi |
· • Presentasi |
100 Menit
|
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mempraktekkan Interuption |
Kriteria: Kemampuan untuk mempraktekkan Interuption
Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
13 |
Mahasiswa mampu & memahami dalam hal evaluasi public speaking
|
1. Evaluasi Public Speaking 2. Beberapa kesalahan umum dalam membuka acara / pembukaan presentasi Evaluasi diri / menggali potensi agar dapat memberikan yang lebih baik |
• Ceramah · • Small group discussion |
100 |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui bentuk body language dan gestures
Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
14 |
Mahasiswa mampu memahami dalam management kritik dalam public speaking
|
1. Mangement kritik pidato/presentasi 2. Kiat-kiat mengelola kritik dalam aktivitas public speaking
|
•Ceramah • Small group discussion |
100 ,menit
|
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa mengerjakan tugas |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui bentuk body languages dan gestures Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
15 |
Review all meteries |
Persiapan UAS |
• Presentasi n Ceramah |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
Mahasiswa melakukan presentasi |
Kriteria: Kemampuan untuk mengetahui bentuk phrasal verbs Presentasi: Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi |
10% |
16 |
UAS |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Comments
Post a Comment