Skip to main content

RPS Public Speaking

 

 



Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Jln. Sei Batang Serangan No. 04 Kwala Bingai Stabat Kab. Langkat

Telp./Fax : (061) 8911655 Kodepos : 20814

Web: stkipalmaksum.ac.id

 







RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

 

Mata Kuliah

: PUBLIC SPEAKING

Kode MK

: PBI03020111

Program Studi

: Pendidikan Bahasa Inggris

Dosen Pengampu

: Fernando De Napoli Marpaung Ss, MPd

Semester

: 2

SKS

: 3

 

MATA KULIAH

KODE

RUMPUN MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

TGL PENYUSUNAN

Public Speaking

 

MKBK

2

3

1 Agustus 2021

Dosen Pengembang RPS

Koordinator RMK

Ka PRODI

 

Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd

Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd

TTD

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI ;

1. (S1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

2. (S5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

3. (P1) Menguasai fungsi-fungsi bahasa dalam Bahasa Inggris formal dalam konteks akademik terkait dengan pidato dan presentasi

4. (P2) Menguasai konsep-konsep dasar komunikasi non verbal

4. (KU1) Menerapkan konsep-konsep kepatutan, ketepatan, kelancaran, dan keefektifan dalam penggunaan Bahasa Inggris lisan

5. (KK1) Mampu mendemostrasikan isi pidato yang terdiri dari greeting dan addressing), penyampaian isi, dan penutupan (summarizing/ concluding dan ending remarks)

CP-MK

1. Mahasiswa mampu menguasai fungsi-fungsi bahasa dalam Bahasa Inggris formal dalam konteks akademik terkait dengan pidato dan presentasi ( P1,KK1)

2. Mahasiswa mampu menguasai fungsi-fungsi bahasa dalam Bahasa Inggris formal dalam konteks akademik terkait dengan pidato dan presentasi( S5, S1,KU1)

3. Mampu mendemostrasikan isi pidato yang terdiri dari greeting dan addressing), penyampaian isi, dan penutupan (summarizing/ concluding dan ending remarks) ( KK1)

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini bertujuan untuk membangun keterampilan siswa dalam berbicara di depan umum. Pembelajaran                        dirancang untuk membekali siswa dengan sumber daya dan kegiatan terpadu untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum seperti pemahaman bahasa formal dan non formal terkait konteks akademik, serta pengetahuan komunikasi non verbal sehingga peserta didik lebih aktif, responsif, dan terampil berbagai peran dituntut dalam kegiatan komunikasi wicara. Dengan demikian, mahasiswa/i harus mengikuti serangkaian kegiatan kelas dirancang untuk melakukan Public Speaking

Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan

1. The Background of Public Speaking

2. The Ways of Public Speaking

3. The History of Rhetoric

4. Retelling

5. The Technique of Persuasive

6. The Theory of Communication

7. The Verbal and nonverbal Communication

8. Mass Communication

9. The Theory of Humor of Public Speaking

10.   Public Speaking as Media of Communication

 

 

1.Charles Bonar Sirait. The Power of Public Speaking

2.Charles Bonar Sirait. Public Speaking and Business

4. https://www.teachingenglish.org.uk/teaching-teens/resources

5. http://www.elllo.org

 

Media Pembelajaran

Perangkat Lunak :

Perangkat Keras :

 

LCD dan Proyektor

Team Teaching

Fernando de Napoli Marpaung, Muhammad Hassan, M.Pd

Matakuliah Syarat

Public Speaking








 

(1)

Minggu

(2)

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

(3)

Bahan Kajian(Materi Aajar)

(4)

Metode Pembelajaran

 

(5)

Waktu

(6)

Pengalaman Belajar Mahasiswa

(7)

Kriteria dan Indikator Penilaian

(8)

Bobot Nilai (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

 1

 

Kontrak Perkuliahan;

Penjelasan obyek kajian mata kuliah

·  Ceramah

·  Diskusi

 

100

menit

Mendengar dan mencatat bahan kajian yang akan dialaminya selama satu semester.

 

 

 2

Mahasiswa mampu memahami tentang Background of Public Speaking

1.Background of Public Speaking

2.Telling briefly  Background of about The Public Speaking

 

·  Ceramah

Small group discussion

 

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiwa mengerjakan tugas dan berdiskusi

Kriteria: kemampuan untuk mempraktekkan ke depan kelas cara-cara pibic speaking tersebut.

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

3

Mahasiswa mampu memahami dam mmpraktekkan ways of public speaking

1.The ways of Public Speaking

2. The application of The ways of Public Speaking

 

 

 

·  Ceramah

·  Small group discussion

 

 

 

 

 

 

 

 

 

100

menit

 

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi

Kriteria:

Kemampuan untuk mengetahui kosa kata pada anggota keluarga

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

 4

Mahasiswa mampu memahami tentang th history of rhetoric

1.Rhetorial history

2.Rhetorical strategies

3.Rhetorical devices

 

• Ceramah

·  • Small group discussion

 

 

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi

Kriteria:

Kemampuan untuk mengetahui kosa kata di dalam kampus dan universitas serta ruang lingkup pendidikan

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

5

Mahasiswa mampu memahami tentang retelling

1.Definition of retelling

2.retelling strategy

 

 

• Ceramah

·  • Small group discussion

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi

Kriteria:

Kemampuan untuk mengetahui kosa kata dalam memoerkenalkan diri beserta hobby pribadi

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

6

Mahasiswa mampu memahami tentang the technique of persuasive

1.Definition of persuasive

2.Technique of persuasive

• Ceramah

·  • Small group discussion

 

100

menit

 

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi

Kriteria:

Kemampuan untuk mengetahui kosa kata vacation dan destination

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

7

Mahasiswa  memahami Public Speaking sbg komunikasi massa

1.      Pengertian komunikasi massa

2.      Fungsi komunikasi massa

Teori, model dan efek komunikasi masa

• Ceramah

• Small group discussion

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mengerjakan tugas dan berdiskusi

Kriteria:

Kemampuan untuk memahami definisi Commerce dan jual-beli dalam bahasa inggris

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

8

UTS

 

 

 

 

 

 

9

Mahasiswa mampu mere-view materi & ulasan UTS

Mahasiswa  mampu menjadi pembicara serta  melakukan presentasi materi dengan menggunakan alat bantu media 

1.     Re-view materi & ulasan UTS

 

2.     Teknik dalam penyampaian presentasi

 

3.     Alat bantu presentasi

 

4.     Jenis pidato & bentuk diskusi

 

• Ceramah

·  • Small group discussion

 

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mengerjakan tugas

Kriteria:

Kemampuan untuk mengetahui cara melakukan Speech

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

10

Mahasiswa  dapat yang memahami sistematika penulisan naskah termasuk naskah presentasi

 

1.     Sistematika penulisan naskah

2.     Sistematika penulisan presentasi

3.     Penyusunan pidato

4.     Aplikasi Retorika

 

·  •Presentasi

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mempraktekkan Speech

Kriteria:

Kemampuan untuk mempraktekkan Speech

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

11

1.     Mahasiswa mampu menyelami sebagai khalayak public speaking

 

1.      Mahasiswa  mengetahui hambatan-hambatan dalam komunikasi kelompok

 

1.     Khalayak sebagai bagian dari public speaking

 

2.     Komunikasi massa kategori pendengar atau khalayak dalam public speaking

 

3.     Teori komunikasi kelompok

 

 

 

• Ceramah

• Small group discussion

100

menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mengerjakan tugas

Kriteria:

Kemampuan untuk mengetahui bentuk-bentuk interupsi Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

12

1         Mahasiswa  mampu membuat langkah-langkah dalam melakukan presentasi

2         Persiapan matang presentasi 

 

1.       Tahapan / Langkah-langkah dalam membuat presentasi

 

2.       Teknik melatih vokal yang baik

 

Kekuatan sekaligus pengendalian emosi untuk keberhasilan komunikasi

·  • Presentasi

100

Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mempraktekkan Interuption

Kriteria:

Kemampuan untuk mempraktekkan Interuption

 

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

13

Mahasiswa  mampu & memahami dalam hal evaluasi public speaking

 

1.      Evaluasi Public Speaking

2.      Beberapa kesalahan umum dalam membuka acara / pembukaan presentasi

Evaluasi diri / menggali potensi agar dapat memberikan yang lebih baik

• Ceramah

·  • Small group discussion

 

100
menit

Mahasiswa           mendengarkan,   memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mengerjakan tugas

Kriteria:

Kemampuan untuk mengetahui bentuk   body language dan gestures

 

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

14

Mahasiswa mampu memahami dalam  management kritik dalam public speaking

 

1.      Mangement kritik pidato/presentasi

2.      Kiat-kiat mengelola kritik dalam aktivitas public speaking

 

•Ceramah

• Small group discussion

 100

,menit

 

 

Mahasiswa           mendengarkan,   memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa mengerjakan tugas

Kriteria:

Kemampuan untuk mengetahui bentuk   body languages dan gestures

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

15

Review all meteries

Persiapan UAS

• Presentasi n Ceramah

 

100

menit

Mahasiswa           mendengarkan,   memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Mahasiswa melakukan presentasi

Kriteria:

Kemampuan untuk mengetahui bentuk    phrasal verbs

Presentasi:

Penguasaan materi, kemampuan berkomunasi, ketepatan menyampaikan materi

10%

16

UAS

 

 

 

 

 

 

               

CATATAN :

 

               

               

               

               

 

Comments

Popular posts from this blog

Pokok-pokok tindakan pertolongan dalam kepramukaan

    Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan  Dalam meningkatkan  kwalitas dan keterampilan anggota pramuka, Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan harus diketahui, berikut pengetahuan tentang P3K yang dipupuk ke anggota Pramuka dalam meningkatkan Scoting Skil, sebagai berikut : 1. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang memberikan bekal peserta didik dalam hal pengalaman : a. Kewajiban diri untuk mengamalkan kode kehoramatan pramuka b. Kepeduliannya terhadap masyarakat/orang lain c. Kepeduliannya terhadap usaha meningkatkan citra Gerakan Pramuka di masyarakat 2. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan seperangkat ketrampilan dan pengetahuan kesehatan yang praktis dalam memberikan bantuan pertama kepada orang lain yang sedang mengalami musibah, antara lain pada...

Langkat Sultanate history-Reading Comprehension

  Sultanate of Langkat The Langkat Sultanate is a kingdom that used to rule in the Langkat Regency, North Sumatra now. The Langkat Sultanate became prosperous because of the opening of rubber plantations and the discovery of oil reserves in Pangkalan Brandan. The Langkat Sultanate is the oldest of the Malay monarchies in East Sumatra. In 1568, in what is now called "Hamparan Perak", a high-ranking "Kingdom of Aru" named Dewa Shahdan managed to save himself from the attack of the Sultanate of Aceh and founded a kingdom. This kingdom became the forerunner of the modern Langkat Sultanate. The name Langkat comes from the name of a tree that resembles a langsat tree. The Langkat tree has fruit that is larger than the langsat fruit but smaller than the duku fruit. It tastes bitter and tart. This tree was once often found on the banks of the Langkat River, namely in the lower reaches of the Batang Serangan River which flows through the city of Tanjung Pura. However, ...

RPS Pendidikan Anti Korupsi

        Mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah salah satu mata kuliah yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan korupsi. Pada umumnya, mata kuliah ini akan membahas topik-topik seperti: Pengertian dan pemahaman tentang korupsi Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korupsi Strategi dan tindakan pencegahan korupsi Peran serta masyarakat dalam memerangi korupsi Tanggung jawab pemerintah dalam mencegah dan mengatasi korupsi Hukum dan sanksi bagi pelaku korupsi Studi kasus dan analisis tentang korupsi di Indonesia dan negara lain Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang korupsi dan bagaimana cara untuk memeranginya. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki sikap pro-aktif dan bertanggung jawab dalam memerangi korupsi. ?...