RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah |
: SPEAKING I |
Kode MK |
: PBI0201012 |
Program Studi |
: Pendidikan Bahasa Inggris |
Dosen Pengampu |
: Fernando De Napoli Marpaung SS, Mpd |
Semester |
: I |
SKS |
: 3 |
MATA KULIAH |
KODE |
RUMPUN MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
TGL PENYUSUNAN |
|
SPEAKING I |
PBI0201012 |
MKBK |
2 |
I |
1 September 2020 |
|
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Ka PRODI |
||||
|
Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd |
Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd |
TTD |
|||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI ; 1. (S1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious 2. (S5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat 3. (P1) Menguasai konsep-konsep dasar budaya dalam Bahasa Inggris terkait dengan aspek politeness(kesopanan) dan appropriateness (kepatutan) dalam konteks bahasa lisan
|
|||||
CP-MK 1. Berkomunikasi lisan dalam bahasa inggris (KU1) 2. Mampu menggunakan fungsi-fungsi kebahasaan Bahasa Inggris untuk mengekspresikan diri dalam konteks sosial dan intercultural (KK1) |
||||||
Deskripsi Singkat MK |
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi berbahasa Inggris dalam berkomunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar, akurat, dan berterima dalam konteks profesional (non- akademis), serta kesadaran dan kepekaan lintas budaya yang mendukung pengembangan (profesionalisme) diri mahasiswa (atau lulusan), yang mendukung ketrampilan sebagai pendidik bahasa Inggris maupun penerjemah. |
|||||
Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan |
1. Giving explanation about the course, including objectives, activities, scoring system, etc. 2. Speaking Activity 3. question word 4. Asking for and giving factual information 5. how to explain 6. Asking about people. 7. how much is it 8. Direction 9. telephoning 10. Dealing with communication problems (repeating) 11. transportation |
|||||
|
UTAMA : 1. SPEAKING book, enjoy Melbourne education 2. Teaching Speaking book
|
|||||
PENDUKUNG : 1. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310010/pendidikan/Speaking+1_Sept+2010.pdf 2. https://www.slideshare.net/search/slideshow?searchfrom=header&q=speaking+1 |
||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat Lunak : |
Perangkat Keras : |
||||
|
LCD dan Proyektor |
|||||
Team Teaching |
Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd |
|||||
Mata kuliah |
SPEAKING I |
|||||
(1) Minggu |
(2) Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
(3) Bahan Kajian(Materi Aajar) |
(4) Metode Pembelajaran
|
(5) Waktu |
(6) Pengalaman Belajar Mahasiswa |
(7) Kriteria dan Indikator Penilaian |
(8) Bobot Nilai (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
Mahasiswa mampu memahami tentang tujuan dan pengetahuan secara umum kajian dalam mata kuliah |
1. Conducting an ice-breaking activity (getting to know each other). 2. Giving explanation about the course,including objectives,activities, scoring system, etc. 3. Conducting a learning contract design.
|
· Ceramah · Diskusi |
100 menit |
1. Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
|
|
2 |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi kegunaan speaking - mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis speaking |
1. The importance of speaking. 2. kinds of speking |
· Ceramah · Small group discussion · Vocabulary game |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa memainkan game untuk meningkatkan/ menambah vocabulary |
Kriteria: Kemampuan untuk menjelaskan hubungan antara pendidikan dan perkembangan peserta didik
|
10% |
3-4 |
Mahasiswa mampu menggunakan kalimat tanya secara tepat di dalam kaidah Bahasa inggris |
1.yes/no question 2.W/H question |
· Ceramah · Small group discussion · Role- play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa memainkan peran yang berhubungan dengan materi |
Kriteria: Ketepatan penggunaan kalimat tanya yang sesuai di dalam Bahasa Inggris |
10% |
5-6 |
-Mahasiswa mampu menyampaikan sebuah berita atau sesuatu fakta secara tepat -mahasiswa mampu menggunakan tenses waktu yang tepat sesuai konteks yang disampaikan |
1. Asking for and 2. Information |
· Ceramah · Small group discussion · Role- play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa memainkan peran yang berhubungan dengan materi |
Kriteria: Ketepatan penggunaan tenses dalam menyampaikan sebuah cerita maupun berita |
10% |
7 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang tempat -mahasiswa mampu melakukan deskripsi mengenai suatu tempat |
1 .Where are you from? 2 .How big is it? 3. What’s the weather like? 4.Talking about Langkat |
· Ceramah · Small group discussion |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
Kemampuan melakukan deskripsi mengenai suatu tempat |
10% |
8 |
MID TEST |
|
|
|
|
|
|
9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan hobi |
Asking about people. |
· Ceramah · Small group discussion Role play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas 3. mahasiswa bermain peran |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan bertanya mengenai hobi |
|
10 |
-Mahasiswa mampu melakukan aktifitas jual beli -mahasiswa mampu melakukan aktifitas jual beli yakni menawar, membayar, bertanya tentang harga, memahami mata uang |
1. At the market. 2. At the post office. 3.Buying a clothes |
· Ceramah · Small group discussion · Role play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas 3. mahasiswa bermain peran |
Kriteria: Kemampuan melakukan aktifitas jual beli yakni menawar, membayar, bertanya tentang harga, memahami mata uang |
10% |
11-12 |
-Mahasiswa mampu menjelaskan petunjuk arah secara tepat -Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendeskripsikan sesuatu |
1. How do I get there? 2. Where is the…. 3. Wind direction. |
· Ceramah · Small group discussion · Role play · Game activity |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas |
Kriteria: -Menjawab pertanyaan secara tepat -menjelaskan petunjuk arah secara tepat -menjelaskan dan mendeskripsikan sesuatu secara tepat |
10% |
13 |
Mahasiswa mampu melakukan komunikasi menggunakan telepon |
1. On the telephone. 2. Dialing the wrong number. 3. Calling back. |
· Ceramah · Small group discussion · Role play
|
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.mahasiswa bermain peran
|
Kemampuan melakukan komunikasi menggunakan telepon (membuka dan menutup pembicaraan) |
10% |
14 |
Mahasiswa mampu berkomunikasi dalam hal transportasi |
1. Taking a bus. 2. Taking the train. 3. Buying the tickets. 4. Taking a taxi. |
· Ceramah · Small group discussion · Role play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas 3. mahasiswa bermain peran |
Kemampuan berkomunikasi dalam hal transportasi yakni memanggil kendaraan umum dan membayarnya ketika telah selesai |
|
15 |
-Mahasiswa mampu menginterupsi percakapan -mahasiswa mampu mengisyaratkan ketidakpahaman - mahasiswa mampu meminta pengulangan |
1.repeating 2. Dealing with |
· Ceramah · Small group discussion · Role play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas 3. mahasiswa bermain peran |
Kriteria: Ketepatan dalam penggunaan frasa/ kalimat sesuai materi |
10% |
16 |
FINAL TEST |
|
|
|
|
|
|
CATATAN
Download here (click me)
Comments
Post a Comment