Skip to main content

RPS Speaking I

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Jln. Sei Batang Serangan No. 04 Kwala Bingai Stabat Kab. Langkat

Telp./Fax : (061) 8911655 Kodepos : 20814

Web: stkipalmaksum.ac.id

 







RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

 

Mata Kuliah

: SPEAKING I

Kode MK

: PBI0201012

Program Studi

: Pendidikan Bahasa Inggris

Dosen Pengampu

: Fernando De Napoli Marpaung SS, Mpd

Semester

: I

SKS

: 3

 

MATA KULIAH

KODE

RUMPUN MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

TGL PENYUSUNAN

SPEAKING I

PBI0201012

MKBK

2

I

1 September 2020

Dosen Pengembang RPS

Koordinator RMK

Ka PRODI

 

Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd

Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd

TTD

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI ;

1. (S1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

2. (S5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat

3. (P1) Menguasai konsep-konsep dasar budaya dalam Bahasa Inggris terkait dengan aspek politeness(kesopanan) dan appropriateness (kepatutan) dalam konteks bahasa lisan

 

CP-MK

1. Berkomunikasi lisan dalam bahasa inggris (KU1)

2. Mampu menggunakan fungsi-fungsi kebahasaan Bahasa Inggris untuk mengekspresikan diri dalam konteks sosial dan intercultural (KK1)

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi berbahasa Inggris dalam berkomunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar, akurat, dan berterima dalam konteks profesional (non- akademis), serta kesadaran dan kepekaan lintas budaya yang mendukung pengembangan (profesionalisme) diri mahasiswa (atau lulusan), yang mendukung ketrampilan sebagai pendidik bahasa Inggris maupun penerjemah.

Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan

1.  Giving explanation about the course, including objectives, activities, scoring system, etc.

2.  Speaking Activity

3.  question word

4.  Asking for and giving factual information

5.  how to explain

6.  Asking about people.

7.  how much is it

8. Direction

9. telephoning

10. Dealing with communication problems (repeating)

11. transportation

 

UTAMA :

1.        SPEAKING book, enjoy Melbourne education

2.        Teaching Speaking book

 

PENDUKUNG :

1.        http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310010/pendidikan/Speaking+1_Sept+2010.pdf

2.        https://www.slideshare.net/search/slideshow?searchfrom=header&q=speaking+1

Media Pembelajaran

Perangkat Lunak :

Perangkat Keras :

 

LCD dan Proyektor

Team Teaching

Fernando De Napoli Marpaung Ss, Mpd

Mata kuliah

SPEAKING I








 

 

 

 

 

(1)

Minggu

(2)

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

(3)

Bahan Kajian(Materi Aajar)

(4)

Metode Pembelajaran

 

(5)

Waktu

(6)

Pengalaman Belajar Mahasiswa

(7)

Kriteria dan Indikator Penilaian

(8)

Bobot Nilai (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Mahasiswa mampu memahami tentang tujuan dan pengetahuan secara umum kajian dalam mata kuliah

1. Conducting an ice-breaking activity (getting to know each other).

2. Giving explanation about the course,including objectives,activities, scoring system, etc.

3. Conducting a learning contract design.

 

·  Ceramah

·  Diskusi

100 menit

1. Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

 

 

2

- Mahasiswa mampu mengidentifikasi kegunaan speaking

- mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis speaking

1. The importance of speaking.

2. kinds of speking

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Vocabulary game

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa memainkan game untuk meningkatkan/ menambah vocabulary

Kriteria:

Kemampuan untuk menjelaskan hubungan antara pendidikan dan perkembangan peserta didik

 

10%

3-4

Mahasiswa mampu menggunakan kalimat tanya secara tepat di dalam kaidah Bahasa inggris

1.yes/no question

2.W/H question

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role-  play

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa memainkan peran yang berhubungan dengan materi

Kriteria:

Ketepatan penggunaan kalimat tanya yang sesuai di dalam Bahasa Inggris

10%

5-6

-Mahasiswa mampu menyampaikan sebuah berita atau sesuatu fakta secara tepat

-mahasiswa mampu menggunakan tenses waktu yang tepat sesuai konteks yang disampaikan

1. Asking for and
giving factual
information

2. Information
exchange
Speaking Naturally

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role-  play

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa memainkan peran yang berhubungan dengan materi

Kriteria:

Ketepatan penggunaan tenses dalam menyampaikan sebuah cerita maupun berita

10%

7

- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang tempat

-mahasiswa mampu melakukan deskripsi mengenai suatu tempat

1 .Where are you from?

2 .How big is it?

3. What’s the weather like?

4.Talking about Langkat

·  Ceramah

·  Small group discussion

100 menit

Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

Kemampuan melakukan deskripsi mengenai suatu tempat

10%

8

MID TEST

 

 

 

 

 

 

9

Mahasiswa mampu menjelaskan hobi

Asking about people.

·  Ceramah

·  Small group discussion

Role play

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

3. mahasiswa bermain peran

Mahasiswa mampu menjelaskan dan bertanya mengenai hobi

 

10

-Mahasiswa mampu melakukan aktifitas jual beli

-mahasiswa mampu melakukan aktifitas jual beli yakni menawar, membayar, bertanya tentang harga, memahami mata uang

1. At the market.

2. At the post office.

3.Buying a clothes

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role play

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

3. mahasiswa bermain peran

Kriteria:

Kemampuan melakukan aktifitas jual beli yakni menawar, membayar, bertanya tentang harga, memahami mata uang

10%

11-12

-Mahasiswa mampu menjelaskan petunjuk arah secara tepat

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendeskripsikan sesuatu

1. How do I get there?

2. Where is the….

3. Wind direction.

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role play

·  Game activity

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

Kriteria:

-Menjawab pertanyaan secara tepat

-menjelaskan petunjuk arah secara tepat

-menjelaskan dan mendeskripsikan sesuatu secara tepat

10%

13

Mahasiswa mampu melakukan komunikasi menggunakan telepon

1. On the telephone.

2. Dialing the wrong number.

3. Calling back.

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role play

 

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.mahasiswa bermain peran

 

Kemampuan melakukan komunikasi menggunakan telepon (membuka dan menutup pembicaraan)

10%

14

Mahasiswa mampu berkomunikasi dalam hal transportasi

1. Taking a bus.

2. Taking the train.

3. Buying the tickets.

4. Taking a taxi.

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role play

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

3. mahasiswa bermain peran

Kemampuan berkomunikasi dalam hal transportasi yakni memanggil kendaraan umum dan membayarnya ketika telah selesai

 

15

-Mahasiswa mampu menginterupsi percakapan

-mahasiswa mampu mengisyaratkan ketidakpahaman

- mahasiswa mampu meminta pengulangan
kalimat/kata/frase

1.repeating

2. Dealing with
communication
problems

·  Ceramah

·  Small group discussion

·  Role play

100 menit

1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan

 

2.Mahasiwa mengerjakan tugas

3. mahasiswa bermain peran

Kriteria:

Ketepatan dalam penggunaan frasa/ kalimat sesuai materi

10%

16

FINAL TEST

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN

Download here (click me)

Comments

Popular posts from this blog

RPS Pendidikan Anti Korupsi

        Mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah salah satu mata kuliah yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan korupsi. Pada umumnya, mata kuliah ini akan membahas topik-topik seperti: Pengertian dan pemahaman tentang korupsi Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korupsi Strategi dan tindakan pencegahan korupsi Peran serta masyarakat dalam memerangi korupsi Tanggung jawab pemerintah dalam mencegah dan mengatasi korupsi Hukum dan sanksi bagi pelaku korupsi Studi kasus dan analisis tentang korupsi di Indonesia dan negara lain Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang korupsi dan bagaimana cara untuk memeranginya. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki sikap pro-aktif dan bertanggung jawab dalam memerangi korupsi. ?...

Pokok-pokok tindakan pertolongan dalam kepramukaan

    Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan  Dalam meningkatkan  kwalitas dan keterampilan anggota pramuka, Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan harus diketahui, berikut pengetahuan tentang P3K yang dipupuk ke anggota Pramuka dalam meningkatkan Scoting Skil, sebagai berikut : 1. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang memberikan bekal peserta didik dalam hal pengalaman : a. Kewajiban diri untuk mengamalkan kode kehoramatan pramuka b. Kepeduliannya terhadap masyarakat/orang lain c. Kepeduliannya terhadap usaha meningkatkan citra Gerakan Pramuka di masyarakat 2. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan seperangkat ketrampilan dan pengetahuan kesehatan yang praktis dalam memberikan bantuan pertama kepada orang lain yang sedang mengalami musibah, antara lain pada...

Langkat Sultanate history-Reading Comprehension

  Sultanate of Langkat The Langkat Sultanate is a kingdom that used to rule in the Langkat Regency, North Sumatra now. The Langkat Sultanate became prosperous because of the opening of rubber plantations and the discovery of oil reserves in Pangkalan Brandan. The Langkat Sultanate is the oldest of the Malay monarchies in East Sumatra. In 1568, in what is now called "Hamparan Perak", a high-ranking "Kingdom of Aru" named Dewa Shahdan managed to save himself from the attack of the Sultanate of Aceh and founded a kingdom. This kingdom became the forerunner of the modern Langkat Sultanate. The name Langkat comes from the name of a tree that resembles a langsat tree. The Langkat tree has fruit that is larger than the langsat fruit but smaller than the duku fruit. It tastes bitter and tart. This tree was once often found on the banks of the Langkat River, namely in the lower reaches of the Batang Serangan River which flows through the city of Tanjung Pura. However, ...