Skip to main content

RPS Basic English Grammar

 

Get RPS "Basic English Grammar" by click me

Get "kontrak kuliah" by click me

Nama Mata Kuliah     : Basic English Grammar
Kode Mata Kuliah      :
PBI0301028                                                                                                                    Bobot SKS                   : 2 SKS
Semester                      : I
Dosen Pengampu        : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
 

Deskripsi Mata Kuliah : Pada mata kuliah ini mahasiswa mengetahui, mengkaji dan berlatih tentang pola-pola verb patterns, jenis tense, bentuk phrasa dan klausa dalam Bahasa inggris, khususnya dalam tata Bahasa/grammar Bahasa inggris

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : 

Mahasiswa mampu menguasai mengkaji dan berlatih tentang pola-pola verb patterns, jenis tense, bentuk phrasa dan klausa dalam Bahasa inggris, khususnya dalam tata Bahasa/grammar Bahasa inggris

Strategi Perkuliahan : 

Perkuliahan dilaksanakan dengan system blended learning , yaitu menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring. Materi kuliah dan bahan bacaan wajib diinformasikan pada awal perkuliahan. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa diberikan tugas-tugas berupa tugas terstruktur, tugas mandiri dan presentasi kelompok.

Standar penilaian : 

1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%

Kriteria Kelulusan :

A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%

B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)


C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima

Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas.
2. Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti perkuliahan dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4. Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
 

Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.

 

Pertemuan

Minggu

ke-

Kemampuan Akhir yang Direncanakan

Bahan

 Kajian

Metode Pembelajaran

Waktu

Pengalaman  Belajar

Kriteria/Indikator Penilaian

Bobot Penilaian

1

Mahasiswa mampu mengetahui definisi dan tujuan dari belajar structure I

Pengenalan kontrak kuliah dan Rencana Pembelajaran Semester ( RPS) yang terdiri atas beberapa definisi dan tujuan dari belajar sastra

 

 2x50 menit = 100menit

Mendengar dan mencatat bahan kajian yang dialaminya selama satu semester

 

 

2

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan kata benda ( Noun) dalam bahasa inggris

1. Common nouns

2. Proper nouns

3. Singular nouns

4. Plural nouns

5.Countable nouns

6.Uncountable nouns

 

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

 

100

menit

Memahami dan mencatat

Kemampuan untuk menguasai bentuk dan konsep kepatutan dari common nouns, proper nouns, singular nouns, plural nouns, countable nouns and uncountable nouns

10%

3

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan pronoun dalam bahasa inggris

1. Personal pronoun

2. Subject pronoun

3. Object pronoun

4. Reflexive pronoun

5.Possesive pronoun

6.Demonstrative pronoun

7. Interrogative pronoun

 

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

 

100 menit

Memahami dan mencatat

Kemampuan untuk menguasai  konsep kepatutan dari personal pronoun, subject pronoun, object pronoun, reflexive pronoun, possesive pronoun, demonstrative pronoun and interrogative pronoun

10%

4

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan adjective dalam bahasa inggris

1. Kinds of adjective

2. The order of adjective

3. The comparsion of adjective

4. The comparative form

5. The superlative form

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

 

 

100 Menit

Memahami dan mencatat

Kemampuan untuk menguasai  konsep kepatutan dari kinds of adjective, the order of adjective, the comparison of adjective, the comparative form and the superlative form

10%

5

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan verbs dalam bahasa inggris

1. Subject and verb agreement

2. Transtive verb

3. Intransitive verb

 

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

100 menit

Memahami dan mencatat

Kemampuan untuk menguasai  konsep kepatutan dari subject and verb agreement, transitive verb and intransitive verb

10 %

6

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan tenses dalam bahasa inggris

1. Simple present tense

2. Present continuous tense

3. Past perfect tense

4. Simple past tense

5. Past continuous tense

6. Past perfect tense

7. Simple future tense

8. Future continuous tense

9. Future perfect continuous tense

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

100

menit

Memahami dan mencatatat

Kemampuan untuk menguasai  konsep kepatutan dari simple present tense, present continuous tense, past perfect tense, simple past tense, past continuous tense, past perfect tense, simple future tense, future continuous tense and future perfect continuous tense

10%

7

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan the infinitive, the imperative form of the verbs and gerund dalam bahasa inggris

1. The infinitive

2. The imperative form of the verbs

3. Gerund

 

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

100 menit

Memahami dan mencatat

Kemampuan untuk menguasai  konsep kepatutan dari the infinitive, the imperative form of the verbs and gerund

10%

8

UJIAN TENGAH SEMESTER

9

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan auxillary/modal verbs dalam bahasa inggris

1. Can and could

2. Will and would

3. Shall and should

4. Ought to

5. Must

6. May and might

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

100 menit

Memahami dan mencatat

Kemampuan untuk menguasai  konsep kepatutan dari can and could, will and would, shall and should, ought to, must, may and might

10%

10

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan adverbs dalam bahasa inggris

1. Adverbs of manner

2. Adverbs of time

3. Adverbs of place

4. Adverbs of frequency

5. Adverbs of duration

6. Adverbs of emphasis

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

100 menit

Memahami dan mencatat

Kemampuan untuk menguasai  konsep kepatutan dari adverbs of manner, adverbs of time, adverbs of place, adverbs of frequency, adverbs of duration, adverbs of emphasis

10%

11

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan preposition dalam bahasa inggris

1. Preposition or adverbs

2. Preposition of place

3. Preposition of time

4. Preposition of special uses

5. Preposition with adjective, verbs or nouns

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

100 menit

Memahami dan mencatat

Kemampuan untuk menguasai  konsep kepatutan dari preposition or adverbs, preposition of place, preposition of time, preposition of special uses, preposition with adjective, verbs or nouns

10%

12

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan conjuctions dalam bahasa inggris

1. Conjunction linking phrases

2. Conjuction with list

3. Conjuctions that join sentence

4. Conjuctions of time

5. Conjuction of place

6. Conjuction of purpose

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

 

100 menit

Memahami dan mencatat

Kemampuan untuk menguasai  konsep kepatutan dari conjuction linking phrases, conjunction with list, conjuction that join sentence, conjuction of time, conjuction of place and conjuction of purpose

10%

13

Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan punctuations dalam bahasa inggris

1. Period

2. Comma

3. Question mark

4. Exclamation point

5. Apostrophe

Ceramah ; diskusi

Tugas mandiri (quiz)

 

100 menit

Memahami dan mencatat

Kemampuan untuk menguasai  konsep kepatutan dari period, comma, question mark, exclamation point and apostrophe

10%

14

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan materi belajar sebelumnya yang terdiri dari : noun, pronoun, adjective,verb and adverb

Materi belajar sebelumnya yang terdiri dari :

1. Noun

2. Pronoun

3. Adjective

4. Verb

5. Adverb

Small group discussion; tanya jawab

Tugas mandiri ( quiz)

100 menit

Memahami, menjelaskan dan mencatat

Kemampuan untuk memahami dan menjelaskan konsep dari noun, pronoun, adjective¸adverb and verb

10%

15

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan materi belajar sebelumnya yang terdiri dari : to infinitive, gerund, the imperative form of the verb, auxillary/modal verbs, preposition, conjuction and punctuation

Materi belajar sebelunya yang terdiri dari :

1. to infinitive

2. gerund

3. the imperative form of the verb

4. Auxillary/modal verbs

5. preposition

6. conjuction

7. punctuation

Small group discussion; tanya jawab

Tugas mandiri ( quiz)

100 menit

Memahami, menjelaskan dan mencatat

Kemampuan untuk memahami dan menjelaskan konsep dari to infinitive, gerund, the imperative form of the verb, auxillary/modal verbs, preposition, conjuction and punctuation

10%

16

UJIAN AKHIR SEMESTER

  

Get RPS "Basic English Grammar" by click me

Get "kontrak kuliah" by click me


 

Comments

Popular posts from this blog

RPS Pendidikan Anti Korupsi

        Mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah salah satu mata kuliah yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan korupsi. Pada umumnya, mata kuliah ini akan membahas topik-topik seperti: Pengertian dan pemahaman tentang korupsi Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korupsi Strategi dan tindakan pencegahan korupsi Peran serta masyarakat dalam memerangi korupsi Tanggung jawab pemerintah dalam mencegah dan mengatasi korupsi Hukum dan sanksi bagi pelaku korupsi Studi kasus dan analisis tentang korupsi di Indonesia dan negara lain Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang korupsi dan bagaimana cara untuk memeranginya. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki sikap pro-aktif dan bertanggung jawab dalam memerangi korupsi. ?...

Pokok-pokok tindakan pertolongan dalam kepramukaan

    Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan  Dalam meningkatkan  kwalitas dan keterampilan anggota pramuka, Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan harus diketahui, berikut pengetahuan tentang P3K yang dipupuk ke anggota Pramuka dalam meningkatkan Scoting Skil, sebagai berikut : 1. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang memberikan bekal peserta didik dalam hal pengalaman : a. Kewajiban diri untuk mengamalkan kode kehoramatan pramuka b. Kepeduliannya terhadap masyarakat/orang lain c. Kepeduliannya terhadap usaha meningkatkan citra Gerakan Pramuka di masyarakat 2. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan seperangkat ketrampilan dan pengetahuan kesehatan yang praktis dalam memberikan bantuan pertama kepada orang lain yang sedang mengalami musibah, antara lain pada...

Langkat Sultanate history-Reading Comprehension

  Sultanate of Langkat The Langkat Sultanate is a kingdom that used to rule in the Langkat Regency, North Sumatra now. The Langkat Sultanate became prosperous because of the opening of rubber plantations and the discovery of oil reserves in Pangkalan Brandan. The Langkat Sultanate is the oldest of the Malay monarchies in East Sumatra. In 1568, in what is now called "Hamparan Perak", a high-ranking "Kingdom of Aru" named Dewa Shahdan managed to save himself from the attack of the Sultanate of Aceh and founded a kingdom. This kingdom became the forerunner of the modern Langkat Sultanate. The name Langkat comes from the name of a tree that resembles a langsat tree. The Langkat tree has fruit that is larger than the langsat fruit but smaller than the duku fruit. It tastes bitter and tart. This tree was once often found on the banks of the Langkat River, namely in the lower reaches of the Batang Serangan River which flows through the city of Tanjung Pura. However, ...