Get RPS "Basic English Grammar" by click me
Get "kontrak kuliah" by click me
Nama Mata Kuliah : Basic English Grammar
Kode Mata Kuliah : PBI0301028 Bobot SKS : 2 SKS
Semester : I
Dosen Pengampu : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
Deskripsi Mata Kuliah : Pada mata kuliah ini mahasiswa mengetahui, mengkaji dan berlatih tentang pola-pola verb patterns, jenis tense, bentuk phrasa dan klausa dalam Bahasa inggris, khususnya dalam tata Bahasa/grammar Bahasa inggris
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu menguasai mengkaji dan berlatih tentang pola-pola verb patterns, jenis tense, bentuk phrasa dan klausa dalam Bahasa inggris, khususnya dalam tata Bahasa/grammar Bahasa inggris
Strategi Perkuliahan :
Perkuliahan dilaksanakan dengan system blended learning , yaitu menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring. Materi kuliah dan bahan bacaan wajib diinformasikan pada awal perkuliahan. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa diberikan tugas-tugas berupa tugas terstruktur, tugas mandiri dan presentasi kelompok.
Standar penilaian :
1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%
Kriteria Kelulusan :
A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%
B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)
C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima
Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas.
2.
Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti
perkuliahan dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi
akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4.
Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari
jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak
mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas
dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat
diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.
Pertemuan Minggu ke- |
Kemampuan Akhir yang Direncanakan |
Bahan Kajian |
Metode Pembelajaran |
Waktu |
Pengalaman Belajar |
Kriteria/Indikator Penilaian |
Bobot Penilaian |
1 |
Mahasiswa mampu mengetahui definisi dan tujuan dari belajar structure I |
Pengenalan kontrak kuliah dan Rencana Pembelajaran Semester ( RPS) yang terdiri atas beberapa definisi dan tujuan dari belajar sastra |
|
2x50 menit = 100menit |
Mendengar dan mencatat bahan kajian yang dialaminya selama satu semester |
|
|
2 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan kata benda ( Noun) dalam bahasa inggris |
1. Common nouns 2. Proper nouns 3. Singular nouns 4. Plural nouns 5.Countable nouns 6.Uncountable nouns
|
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz)
|
100 menit |
Memahami dan mencatat |
Kemampuan untuk menguasai bentuk dan konsep kepatutan dari common nouns, proper nouns, singular nouns, plural nouns, countable nouns and uncountable nouns |
10% |
3 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan pronoun dalam bahasa inggris |
1. Personal pronoun 2. Subject pronoun 3. Object pronoun 4. Reflexive pronoun 5.Possesive pronoun 6.Demonstrative pronoun 7. Interrogative pronoun
|
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz)
|
100 menit |
Memahami dan mencatat |
Kemampuan untuk menguasai konsep kepatutan dari personal pronoun, subject pronoun, object pronoun, reflexive pronoun, possesive pronoun, demonstrative pronoun and interrogative pronoun |
10% |
4 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan adjective dalam bahasa inggris |
1. Kinds of adjective 2. The order of adjective 3. The comparsion of adjective 4. The comparative form 5. The superlative form |
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz)
|
100 Menit |
Memahami dan mencatat |
Kemampuan untuk menguasai konsep kepatutan dari kinds of adjective, the order of adjective, the comparison of adjective, the comparative form and the superlative form |
10% |
5 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan verbs dalam bahasa inggris |
1. Subject and verb agreement 2. Transtive verb 3. Intransitive verb
|
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz) |
100 menit |
Memahami dan mencatat |
Kemampuan untuk menguasai konsep kepatutan dari subject and verb agreement, transitive verb and intransitive verb |
10 % |
6 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan tenses dalam bahasa inggris |
1. Simple present tense 2. Present continuous tense 3. Past perfect tense 4. Simple past tense 5. Past continuous tense 6. Past perfect tense 7. Simple future tense 8. Future continuous tense 9. Future perfect continuous tense |
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz) |
100 menit |
Memahami dan mencatatat |
Kemampuan untuk menguasai konsep kepatutan dari simple present tense, present continuous tense, past perfect tense, simple past tense, past continuous tense, past perfect tense, simple future tense, future continuous tense and future perfect continuous tense |
10% |
7 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan the infinitive, the imperative form of the verbs and gerund dalam bahasa inggris |
1. The infinitive 2. The imperative form of the verbs 3. Gerund
|
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz) |
100 menit |
Memahami dan mencatat |
Kemampuan untuk menguasai konsep kepatutan dari the infinitive, the imperative form of the verbs and gerund |
10% |
8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
||||||
9 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan auxillary/modal verbs dalam bahasa inggris |
1. Can and could 2. Will and would 3. Shall and should 4. Ought to 5. Must 6. May and might |
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz) |
100 menit |
Memahami dan mencatat |
Kemampuan untuk menguasai konsep kepatutan dari can and could, will and would, shall and should, ought to, must, may and might |
10% |
10 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan adverbs dalam bahasa inggris |
1. Adverbs of manner 2. Adverbs of time 3. Adverbs of place 4. Adverbs of frequency 5. Adverbs of duration 6. Adverbs of emphasis |
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz) |
100 menit |
Memahami dan mencatat |
Kemampuan untuk menguasai konsep kepatutan dari adverbs of manner, adverbs of time, adverbs of place, adverbs of frequency, adverbs of duration, adverbs of emphasis |
10% |
11 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan preposition dalam bahasa inggris |
1. Preposition or adverbs 2. Preposition of place 3. Preposition of time 4. Preposition of special uses 5. Preposition with adjective, verbs or nouns |
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz) |
100 menit |
Memahami dan mencatat |
Kemampuan untuk menguasai konsep kepatutan dari preposition or adverbs, preposition of place, preposition of time, preposition of special uses, preposition with adjective, verbs or nouns |
10% |
12 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan conjuctions dalam bahasa inggris |
1. Conjunction linking phrases 2. Conjuction with list 3. Conjuctions that join sentence 4. Conjuctions of time 5. Conjuction of place 6. Conjuction of purpose |
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz)
|
100 menit |
Memahami dan mencatat |
Kemampuan untuk menguasai konsep kepatutan dari conjuction linking phrases, conjunction with list, conjuction that join sentence, conjuction of time, conjuction of place and conjuction of purpose |
10% |
13 |
Mahasiswa mampu menguasai bentuk dan konsep kepatutan penggunaan punctuations dalam bahasa inggris |
1. Period 2. Comma 3. Question mark 4. Exclamation point 5. Apostrophe |
Ceramah ; diskusi Tugas mandiri (quiz)
|
100 menit |
Memahami dan mencatat |
Kemampuan untuk menguasai konsep kepatutan dari period, comma, question mark, exclamation point and apostrophe |
10% |
14 |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan materi belajar sebelumnya yang terdiri dari : noun, pronoun, adjective,verb and adverb |
Materi belajar sebelumnya yang terdiri dari : 1. Noun 2. Pronoun 3. Adjective 4. Verb 5. Adverb |
Small group discussion; tanya jawab Tugas mandiri ( quiz) |
100 menit |
Memahami, menjelaskan dan mencatat |
Kemampuan untuk memahami dan menjelaskan konsep dari noun, pronoun, adjective¸adverb and verb |
10% |
15 |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan materi belajar sebelumnya yang terdiri dari : to infinitive, gerund, the imperative form of the verb, auxillary/modal verbs, preposition, conjuction and punctuation |
Materi belajar sebelunya yang terdiri dari : 1. to infinitive 2. gerund 3. the imperative form of the verb 4. Auxillary/modal verbs 5. preposition 6. conjuction 7. punctuation |
Small group discussion; tanya jawab Tugas mandiri ( quiz) |
100 menit |
Memahami, menjelaskan dan mencatat |
Kemampuan untuk memahami dan menjelaskan konsep dari to infinitive, gerund, the imperative form of the verb, auxillary/modal verbs, preposition, conjuction and punctuation |
10% |
16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
Get RPS "Basic English Grammar" by click me
Get "kontrak kuliah" by click me
Comments
Post a Comment