Skip to main content

RPS-Kontrak Landasan Pendidikan

 

Get 'RPS/kontrak kuliah' "Landasan Pendidikan" by click me


Nama Mata Kuliah     : Landasan Pendidikan
Kode Mata Kuliah      :
MDK01010102                                                                                                   Bobot SKS                   : 2 SKS
Semester                      : III
Dosen Pengampu        : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
 

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar dapat memiliki pemahaman tentang substansi pendidikan serta mampu menerapkan dan mengembangkannya dalam pembelajaran mendidik. Materi yang dibahas tentang prinsip-prinsip pendidikan serta penerapannya dalam praksis pendidikan SD yang meliputi hakekat pendidikan dan ilmu pendidikan, landasan pendidikan, pendidikan sekolah dan masyarakat, sistem pendidikan nasional, struktur dan organisasi pendidikan, pendidikan dasar 9 tahun, kurikulum muatan lokal dan kompetensi guru

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : 

Sikap- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

Pengetahuan- Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar

Keterampilan Umum- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang pendidikan.  
Keterampilan Khusus- Mampu melaksanakan prinsip dan teori pendidikan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Strategi Perkuliahan : 

Perkuliahan dilaksanakan dengan system blended learning , yaitu menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring. Materi kuliah dan bahan bacaan wajib diinformasikan pada awal perkuliahan. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa diberikan tugas-tugas berupa tugas terstruktur, tugas mandiri dan presentasi kelompok.

Standar penilaian : 

1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%

Kriteria Kelulusan :

A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%

B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)


C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima

Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas.
2. Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti perkuliahan dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4. Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
 

Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.

 

Minggu

 

Kemampuan Akhir yang diharapkan

 

Indikator

Kriteria dalam bentuk Penilaian

 

Metode Pembelajaran

 

Materi Pembelajaran

 

Waktu

 

Bobot Nilai

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

 

1

Menguasai dan memahami eksistensi manusia sebagai makhluk individual, sebagai makhluk social, sebagai makhluk susila dan sebagai makhluk religius

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Manusia dan pendidikan

 

2X45

Menit

 

5%

 

 

2

Mengetahui pengembangan dimensi- dimensi manusia sebagai makhluk individual, sebagai makhluk social, sebagai makhluk susila dan sebagai makhluk religious dalam proses pendidikan

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

 

2X45

Menit

 

 

5%

 

3

 

Memahami pentingnya kebutuhan anak akan pendidikan

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

2X45

Menit

 

5%

 

4

 

Menguasai dasar-dasar pembelajaran anak didik

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

2X45

Menit

 

5%

 

5

Memahami landasan filosofi dan landasan sosial, landasan psikologi dan landasan hokum

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

Landasan umum pendidikan

 

2X45

Menit

 

5%

 

 

Minggu

 

Kemampuan Akhir yang diharapkan

 

Indikator

Kriteria dalam bentuk Penilaian

 

Metode Pembelajaran

 

Materi Pembelajaran

 

Waktu

 

Bobot Nilai

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

 

6

Memahami dan mengetahui kesenjangan antara sekolah dengan masyarakat

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

 

 

Pendidikan, sekolah dan masyarakat

 

2X45

Menit

 

5%

 

7

Memahami dan mengetahui keragaman budaya dalam masyarakat serta hubungan sekolah dan masyarakat

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

2X45

Menit

 

5%

8

UTS (tertulis)

10%

 

9

Mengetahui komponen-komponen pokok pendidikan nasional menurut UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sistem pendidikan nasional

 

4X45

Menit

 

5%

 

10

Memahami dan mampu membuat rancangan struktur dan organisasi pendidikan

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

2X45

Menit

 

5%

 

11

Memahami tentang pendidikan sekolah dasar dalam sistem pendidikan dasar 9 tahun

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

2X45

Menit

 

5%

 

12

Memahami usaha-usaha inovasi pendidikan di indonesia

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

2X45

Menit

 

5%

 

13

 

Memahami kurikulum muatan lokal dalam pendidikan sekolah dasar

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

2X45

Menit

 

5%

14

Memahami dan mengetahui apa saja

yang termasuk kedalam kompetensi guru

Kebenaran dan ketepatan

jawaban, Kebenaran dan

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya

jawab dan

Kompetensi guru

2X45

5%

 

Minggu

 

Kemampuan Akhir yang diharapkan

 

Indikator

Kriteria dalam bentuk Penilaian

 

Metode Pembelajaran

 

Materi Pembelajaran

 

Waktu

 

Bobot Nilai

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

 

serta langkah pengisian rapot

ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

 

penugasan

 

Menit

 

 

15

 

Memahami tata cara pengisian aplikasi rapot dan lembar jawaban komputer

Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

 

2X45

Menit

 

5%

16

UAS (Tertulis)

20%

16

UAS (Tertulis)

30%

Get 'RPS/kontrak kuliah' "Landasan Pendidikan" by click me


 




Comments

Popular posts from this blog

RPS Pendidikan Anti Korupsi

        Mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah salah satu mata kuliah yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan korupsi. Pada umumnya, mata kuliah ini akan membahas topik-topik seperti: Pengertian dan pemahaman tentang korupsi Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korupsi Strategi dan tindakan pencegahan korupsi Peran serta masyarakat dalam memerangi korupsi Tanggung jawab pemerintah dalam mencegah dan mengatasi korupsi Hukum dan sanksi bagi pelaku korupsi Studi kasus dan analisis tentang korupsi di Indonesia dan negara lain Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang korupsi dan bagaimana cara untuk memeranginya. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki sikap pro-aktif dan bertanggung jawab dalam memerangi korupsi. ?...

Pokok-pokok tindakan pertolongan dalam kepramukaan

    Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan  Dalam meningkatkan  kwalitas dan keterampilan anggota pramuka, Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan harus diketahui, berikut pengetahuan tentang P3K yang dipupuk ke anggota Pramuka dalam meningkatkan Scoting Skil, sebagai berikut : 1. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang memberikan bekal peserta didik dalam hal pengalaman : a. Kewajiban diri untuk mengamalkan kode kehoramatan pramuka b. Kepeduliannya terhadap masyarakat/orang lain c. Kepeduliannya terhadap usaha meningkatkan citra Gerakan Pramuka di masyarakat 2. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan seperangkat ketrampilan dan pengetahuan kesehatan yang praktis dalam memberikan bantuan pertama kepada orang lain yang sedang mengalami musibah, antara lain pada...

Langkat Sultanate history-Reading Comprehension

  Sultanate of Langkat The Langkat Sultanate is a kingdom that used to rule in the Langkat Regency, North Sumatra now. The Langkat Sultanate became prosperous because of the opening of rubber plantations and the discovery of oil reserves in Pangkalan Brandan. The Langkat Sultanate is the oldest of the Malay monarchies in East Sumatra. In 1568, in what is now called "Hamparan Perak", a high-ranking "Kingdom of Aru" named Dewa Shahdan managed to save himself from the attack of the Sultanate of Aceh and founded a kingdom. This kingdom became the forerunner of the modern Langkat Sultanate. The name Langkat comes from the name of a tree that resembles a langsat tree. The Langkat tree has fruit that is larger than the langsat fruit but smaller than the duku fruit. It tastes bitter and tart. This tree was once often found on the banks of the Langkat River, namely in the lower reaches of the Batang Serangan River which flows through the city of Tanjung Pura. However, ...