Get 'RPS/kontrak kuliah' "Landasan Pendidikan" by click me
Nama Mata Kuliah : Landasan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MDK01010102 Bobot SKS : 2 SKS
Semester : III
Dosen Pengampu : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
Deskripsi
Mata Kuliah :
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar dapat memiliki pemahaman tentang substansi pendidikan serta mampu menerapkan dan mengembangkannya dalam pembelajaran mendidik. Materi yang dibahas tentang prinsip-prinsip pendidikan serta penerapannya dalam praksis pendidikan SD yang meliputi hakekat pendidikan dan ilmu pendidikan, landasan pendidikan, pendidikan sekolah dan masyarakat, sistem pendidikan nasional, struktur dan organisasi pendidikan, pendidikan dasar 9 tahun, kurikulum muatan lokal dan kompetensi guru
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
Sikap- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Pengetahuan- Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar
Strategi Perkuliahan :
Perkuliahan dilaksanakan dengan system blended learning , yaitu menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring. Materi kuliah dan bahan bacaan wajib diinformasikan pada awal perkuliahan. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa diberikan tugas-tugas berupa tugas terstruktur, tugas mandiri dan presentasi kelompok.
Standar penilaian :
1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%
Kriteria Kelulusan :
A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%
B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)
C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima
Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas.
2.
Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti
perkuliahan dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi
akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4.
Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari
jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak
mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas
dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat
diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.
Minggu |
Kemampuan Akhir yang diharapkan |
Indikator |
Kriteria dalam bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran |
Materi Pembelajaran |
Waktu |
Bobot Nilai |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
Menguasai dan memahami eksistensi manusia sebagai makhluk individual, sebagai makhluk social, sebagai makhluk susila dan sebagai makhluk religius |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
Manusia dan pendidikan |
2X45 Menit |
5% |
2 |
Mengetahui pengembangan dimensi- dimensi manusia sebagai makhluk individual, sebagai makhluk social, sebagai makhluk susila dan sebagai makhluk religious dalam proses pendidikan |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
2X45 Menit |
5% |
|
3 |
Memahami pentingnya kebutuhan anak akan pendidikan |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
2X45 Menit |
5% |
|
4 |
Menguasai dasar-dasar pembelajaran anak didik |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
2X45 Menit |
5% |
|
5 |
Memahami landasan filosofi dan landasan sosial, landasan psikologi dan landasan hokum |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
Landasan umum pendidikan |
2X45 Menit |
5% |
Minggu |
Kemampuan Akhir yang diharapkan |
Indikator |
Kriteria dalam bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran |
Materi Pembelajaran |
Waktu |
Bobot Nilai |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
6 |
Memahami dan mengetahui kesenjangan antara sekolah dengan masyarakat |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
Pendidikan, sekolah dan masyarakat |
2X45 Menit |
5% |
7 |
Memahami dan mengetahui keragaman budaya dalam masyarakat serta hubungan sekolah dan masyarakat |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
2X45 Menit |
5% |
|
8 |
UTS (tertulis) |
10% |
|||||
9 |
Mengetahui komponen-komponen pokok pendidikan nasional menurut UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
Sistem pendidikan nasional |
4X45 Menit |
5% |
10 |
Memahami dan mampu membuat rancangan struktur dan organisasi pendidikan |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
2X45 Menit |
5% |
|
11 |
Memahami tentang pendidikan sekolah dasar dalam sistem pendidikan dasar 9 tahun |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
2X45 Menit |
5% |
|
12 |
Memahami usaha-usaha inovasi pendidikan di indonesia |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
2X45 Menit |
5% |
|
13 |
Memahami kurikulum muatan lokal dalam pendidikan sekolah dasar |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
2X45 Menit |
5% |
|
14 |
Memahami dan mengetahui apa saja yang termasuk kedalam kompetensi guru |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan |
Kompetensi guru |
2X45 |
5% |
Minggu |
Kemampuan Akhir yang diharapkan |
Indikator |
Kriteria dalam bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran |
Materi Pembelajaran |
Waktu |
Bobot Nilai |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
|
serta langkah pengisian rapot |
ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
|
penugasan |
|
Menit |
|
15 |
Memahami tata cara pengisian aplikasi rapot dan lembar jawaban komputer |
Kebenaran dan ketepatan jawaban, Kebenaran dan ketajaman analisis, Komunikasi yang efektif |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
2X45 Menit |
5% |
|
16 |
UAS (Tertulis) |
20% |
|||||
16 |
UAS (Tertulis) |
30% |
Get 'RPS/kontrak kuliah' "Landasan Pendidikan" by click me
Comments
Post a Comment