Get RPS for "Media in ELT" by click me
Get "Kontrak Kuliah" by click me
Nama Mata Kuliah : MEDIA IN ELT
Kode Mata Kuliah : PBI0303014
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : III
Dosen Pengampu : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengetahui media-media penunjang pembelajaran bahasa inggris dan penciptaan media yang kreatif dan inovatif yang disandingkan dengan penguasaan TIK,sehingga kolaborasi tersebut mampu menciptakan media yang membuat pembelajaran semakin efektif dan menyenangkan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Menerapkan dan mendesain berbagai media pembelajaran berbasis konvensional dan TIK dalampembelajaran bahasa inggris sesuai dengan kebutuhan siswa (KU1)
- Mampu mendesain proses pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah dan atas, dan komponen-komponen yang terkait yang berpusat pada siswa dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran konvensional dan TIK untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, kreatif, dan kontekstual (KK2)
Strategi Perkuliahan : - discussion
- Approach
- Method
- Technique
- Role play
- Practice
Standar penilaian : 1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%
Kriteria Kelulusan :
A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%
B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)
C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima
Skor Persentil |
Nilai Skala |
Nilai Huruf |
80 – 100 |
4 |
A |
70 – 79 |
3 |
B |
60 – 69 |
2 |
C |
50 – 59 |
1 |
D |
0 – 49 |
0 |
E |
Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu
mengikuti perkuliahan di kelas.
2. Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti perkuliahan
dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4. Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari jadwal. Lewat
dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selama
perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah
ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.
(1) Minggu |
(2) Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
(3) Bahan Kajian(Materi Aajar) |
(4) Metode Pembelajaran
|
(5) Waktu |
(6) Pengalaman Belajar Mahasiswa |
(7) Kriteria dan Indikator Penilaian |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
1 |
Mahasiswa mampu memahami tentang tujuan dan pengetahuan secara umum kajian dalam mata kuliah |
1. Giving explanation about the course,including objectives,activities, scoring system, etc. 2. Conducting a learning contract design.
|
· Ceramah · Diskusi |
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
|
2-3 |
- Mahasiswa mampu menerapkan ‘skimming dan scanning’ dalam sebuah paragraph - mahasiswa mampu menemukan dan menentukan ide pokok dari tiap teks maupun paragraph yang berbeda - mahasiswa mampu mereviev paragraph atau teks yang telah di baca |
1. Skimming and scanning 2. Recognizing main ideas of different texts, previewing, and anticipating
|
· Ceramah · Small group discussion · Vocabulary game |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa memainkan game untuk meningkatkan/ menambah vocabulary |
Kriteria: Kemampuan untuk menemukan dan menjelaskan ide pokok serta informasi penting di dalamm sebuah teks maupun paragraph
|
4 |
Mahasiswa mampu membaca cepat tanpa melewatkan poin poin penting dalam teks atau bacaan tersebut |
1. Speed Reading 2. Skimming several texts and timing each |
· Ceramah · Small group discussion · Role- play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa membaca sebuah paragraph |
Kriteria: Ketepatan dalam menentukan poin penting dalam sebuah bacaan |
5 |
-Mahasiswa mampu mengeinteperasi sebuah kata dalam sebuah teks - Mahasiswa mampu menebak sebuah kata yang tidak diketahui artinya dalam sebuah teks |
1. Interpretation and Evaluation 2. Inferring information
|
· Ceramah · Small group discussion
|
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa menentukan makna dan arti sebuah kata didalam sebuah teks |
Kriteria: Ketepatan memberikan arti sebuah kata |
6 |
- Mahasiswa mampu mengeinteperasi sebuah kata dalam sebuah teks -mahasiswa mampu menentukan sebuah opini atau fakta yang ada didalam sebuah teks |
1. Interpretation And Evaluation 2. Evaluating Ideas (Fact And Opinion)
|
· Ceramah · Small group discussion · tugas |
100 menit |
1. Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan 2. Mahasiswa menentukan sebuah opini dan fakta yang terdapat di dalam sebuah teks bacaan |
Ketepatan dalam menentukan opini dan fakta di dalam sebuah teks bacaan |
7 |
-mahasiswa mampu memahami dan mengetahui jenis teknik penulisan -mahasiswa mampu menentukan teknik yang digunakan seorang penulis di dalam sebuah teks bacaan |
1. Interpretation and Evaluation 2. Writer’s techniques 3. Tone, attitude, felling
|
· Ceramah · Small group discussion · Tugas |
100 menit |
1. Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan 2. mahasiswa menentukan tone, attitude, felling |
Ketepatan menjawab pertanyaan |
8 |
MID TEST |
|
|
|
|
|
9 |
-mahasiswa mampu menjelaskan kembali pelajaran yang sudah dipelajari -mahasiswa mampu menjawab pertanyaan secara tepat tentang pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya |
Review |
· Ceramah · Small group discussion
|
100 menit |
Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
|
|
10 |
1.Mahasiswa mampu menentukan poin utama dalam sebuah ‘short functional teks 2. Mahasiswa mampu mengenali sebuah teks pengumuman, undangan, memo dan lain-lain |
1.Short Functional Texts 2.Recognizing And Analyzing The Function Of Texts (Invitation, Warning, Etc.)
|
· Ceramah · Small group discussion
|
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas 3. mahasiswa membuat sebuah short functional teks |
Mahasiswa mampu membuat sebuah teks functional teks |
11 |
-mahasiswa mampu memahami dan mengetahui jenis teknik penulisan -mahasiswa mampu menentukan teknik yang digunakan seorang penulis di dalam sebuah teks bacaan |
1. Critical reading 2. Identifying Tone, attitude, felling |
· Ceramah · Small group discussion · Tugas |
100 menit |
1. Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan 2. mahasiswa menentukan tone, attitude, felling |
Ketepatan menjawab pertanyaan |
12-13 |
-Mahasiswa mengetahui issues yang sedang ada di dalam masyrakat -mahasiswa mampu membuat sebuah paragraph tentang issues yang sedang berkembang -mahasiswa mampu memberikan opini terhadap issues yang sedang berkembang |
Discussing current issues
|
· Ceramah · Small group discussion · Role play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas 3.Mahasiswa mempresentasikan tugas |
Kriteria: Kemampuan menjawab pertanyaan |
14 |
-Mahasiswa mampu mendapat informasi penting yang ada di dalam sebuah teks bacaan -Mahasiswa mampu menentukan informasi penting yang ada di dalam sebuah teks bacaan
|
-Determining Importance Text -Introduce The Determining Importance Reading Strategy To Students - cyanide poisoning - human trafficking
|
· Ceramah · Small group discussion · |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas |
Kriteria: -Menjawab pertanyaan secara tepat -menggunakan alasan yang tepat terhadap pertanyaan |
15 |
Mahasiswa mampu membuat sebuah ‘paraphrase’ dari sebauh teks bacaan Mahasiswa mampu membuat kesimpulan dalam sebuah teks bacaan |
Paraphrasing And Summarizing
|
· Ceramah · Small group discussion · Role play |
100 menit |
1.Mahasiswa mendengarkan, memahami, mencatat dan mengajukan pertanyaan
2.Mahasiwa mengerjakan tugas 3. mahasiswa bermain peran |
Kemampuan berkomunikasi yang sesuai dengan frasa dan kalimat di dalam Bahasa Inggris Kemampuan menjawab tugas |
16 |
FINAL TEST |
|
|
|
|
|
Get RPS for "Media in ELT" by click me
Get "Kontrak Kuliah" by click me
Comments
Post a Comment