Get RPS "Pend.Matematika Kelas Rendah" by click me
Get "Pend.Matematika Kelas Rendah" by click me
Nama Mata Kuliah : Pendidikan Matematika Kelas Rendah
Kode Mata Kuliah : PSD01020221 Bobot SKS : 3 SKS
Semester : III
Dosen Pengampu : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
Deskripsi Mata Kuliah : Pada mata kuliah ini mahasiswa mengetahui, mengkaji dan berlatih tentang pola-pola verb patterns, jenis tense, bentuk phrasa dan klausa dalam Bahasa inggris, khususnya dalam tata Bahasa/grammar Bahasa inggris
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
Mata kuliah pendidikan matematika kelas rendah merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa PGSD. Mata kuliah ini memberikan pondasi bagi para mahasiswa PGSD sehingga mampu menyelesaikan soal matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta menguasai
substansi dan metodologi dasar keilmuan matematika yang mendukung pembelajaran matematika di Sekolah Dasar khususnya kelas 1, 2, dan 3. Mata kuliah ini menuntut penerapan konsep-konsep pembelajaran matematika yang bersifat konkret dan mudah dipahami bagi mahasiswa PGSD.
Strategi Perkuliahan :
Perkuliahan dilaksanakan dengan system blended learning , yaitu menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring. Materi kuliah dan bahan bacaan wajib diinformasikan pada awal perkuliahan. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa diberikan tugas-tugas berupa tugas terstruktur, tugas mandiri dan presentasi kelompok.
Standar penilaian :
1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%
Kriteria Kelulusan :
A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%
B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)
C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima
Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas.
2.
Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti
perkuliahan dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi
akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4.
Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari
jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak
mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas
dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat
diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.
Minggu |
Kemampuan Akhir yang diharapkan |
Indikator |
Kriteria dalam bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran |
Materi Pembelajaran |
Waktu |
Bobot Nilai |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
Mengetahui isi kontrak kuliah, RPS, SAP dan rambu-rambu proses pembelajaran yang harus dilalui serta dilakukan selama perkuliahan berlangsung.
|
1. Melaksanakan tahapan-tahapan dalam perkuliahan 2. Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan yang digariskan dalam kontrak kuliah 3. Melaksanakan aturan-aturan yang telah disepakati
|
Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Kontrak Kuliah · Tugas-tugas · Sistem penilaian |
3 × 50 Menit |
5% |
2 |
Memahami kurikulum Matematika di SD |
1. Mahasiswa mampu memahami silabus Matematika di SD, 2. Mahasiswa mampu membedakan silabus antara kurikulum yang lama dan kurikulum terbaru |
Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Silabus Matematika kelas rendah di SD |
3 × 50 Menit |
5% |
3 |
Mendeskripsikan teori-teori belajar matematika sesuai dengan temuan psikologi. |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori belajar belajar sesuai dengan temuan psikologi 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi teori-teori belajar matematika yang sesuai untuk siswa SD kelas rendah. 3. Mahasiswa mampu memilih teori-teori belajar matematika yang sesuai untuk siswa SD kelas rendah. 4. Mahasiswa mampu memberikan contoh pengajaran untuk anak SD kelas rendah sesuai dengan teori-teori belajar matematika 5. Mahasiswa mampu menjelaskan persamaan dan perbedaan dari temuan para ahli psikologi Matematika. |
Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Teori-teori belajar matematika · Psikologi belajar matematika |
3 × 50 Menit |
5% |
4 |
Melaksanakan kegiatan simulasi pembelajaran untuk anak SD kelas rendah |
1. Mahasiswa mampu menyusun rencana pembelajaran matematika untuk SD kelas rendah 2. Mahasiswa mampu mengajarkan materi matematika sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat. |
Praktik, penugasan |
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan |
· Rencana pembelajaran matematika SD kelas rendah |
3 × 50 Menit |
5% |
5 |
Memahami jenis-jenis penilaian yang digunakan dalam pembelajaran matematika |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis penilaian dalam pembelajaran matematika 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi penilaian yang cocok digunakan dalam pembelajaran matematika SD 3. Mahasiswa mampu memilih penilaian dalam pembelajaran matematika SD |
Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Jenis-jenis penilaian matematika |
3 × 50 Menit |
5% |
6 |
Melaksanakan penilaian tentang kesiapan siswa, pelaksanaan tugas, penilaian tugas kemampuan berhitung dan observasi lapangan pada pembelajaran Matematika di SD |
1. Mahasiswa mampu melaksanakan penilaian pembelajaran Matematika di SD 2. Mahasiswa mampu melaksanakan penilaian tentang kesiapan siswa untuk belajar Matematika 3. Mahasiswa mampu melaksakan penilaian pelaksanaan tugas, 4. Mahasiswa mampu melaksanakan penilaian tugas kemampuan berhitung 5. Mahasiswa mampu melaksanakan penilaian tentang observasi lapangan |
Praktik, penugasan |
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan |
· Penilaian pembelajaran Matematika di SD |
3 × 50 Menit |
5% |
7 |
Memahami bilangan dan lambang bilangan di kelas rendah |
1. Mahasiswa mampu memahami konsep bilangan di kelas rendah 2. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis bilangan. |
Tugas rutin, Makalah, Critical Journal Review Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Sejarah bilangan · Konsep bilangan · Jenis-jenis bilangan |
3 × 50 Menit |
5% |
8 |
UTS (tertulis) |
|
|
|
|
|
10% |
9 |
Memahami bilangan dan lambang bilangan di kelas rendah |
1. Mahasiswa mampu memahami lambang bilangan di kelas rendah 2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengajaran konsep bilangan di kelas rendah |
Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Lambang Bilangan · Nilai tempat · Bilangan Kardinal dan Ordinal |
3 × 50 Menit |
5% |
10 |
Memahami konsep bilangan cacah dan terampil menggunakan operasi bilangan cacah di kelas rendah |
1. Mahasiswa mampu memahami konsep bilangan cacah 2. Mahasiswa mampu memahami dan terampil menggunakan operasi bilangan cacah di kelas rendah 3. Mahasiswa mampu mengajarkan bilangan cacah dan operasinya kepada siswa SD kelas rendah |
Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Konsep Bilangan Cacah · Operasi pada Bilangan Cacah |
3 × 50 Menit |
5% |
11 |
Memahami fakta dasar penjumlahan dan Pengurangan, strategi pembelajaran algoritma operasi bilangan |
1. Mahasiswa mampu memahami fakta dasar penjumlahan, 2. Mahasiswa mampu memahami fakta dasar pengurangan 3. Mahasiswa mampu mendeskripsikan strategi pembelajaran algoritma operasi bilangan di kelas rendah |
Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Penanaman konsep penjumlahan dan pengurangan · Pengenalan Fakta dasar penjumlahan dan pengurangan · Algoritma operasi bilangan
|
3 × 50 Menit |
5% |
12 |
Memahami fakta dasar perkalian dan pembagian, strategi pembelajaran algoritma operasi bilangan |
1. Mahasiswa mampu memahami fakta dasar perkalian, 2. Mahasiswa mampu memahami fakta dasar pembagian 3. Mahasiswa mampu mendeskripsikan strategi pembelajaran algoritma operasi bilangan di kelas rendah |
Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Penanaman konsep perkalian dan pembagian · Pengenalan Fakta dasar perkalian dan pembagian · Algoritma operasi bilangan
|
3 × 50 Menit |
5% |
13 |
Memahami pengertian dan konsep faktor dan kelipatan di kelas rendah |
1. Mahasiswa mampu memahami pengertian faktor dan kelipatan di kelas rendah 2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan strategi pembelajaran faktor dan kelipatan di kelas rendah |
Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Faktor dan kelipatan
|
3 × 50 Menit |
5% |
14 |
Memahami dan terampil mengajarkan bilangan bulat |
1. Mahasiswa mampu menuliskan konsep dan sifat bilangan bulat 2. Mahasiswa mampu menuliskan operasi pada bilangan bulat dan sifat-sifat operasi 3. Mahasiswa mampu mengajarkan operasi bilangan bulat |
Tugas rutin, Makalah, mini riset Tes/Quiz |
Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan |
· Konsep bilangan bulat · Operasi pada bilangan bulat · Pengajaran bilangan bulat
|
3 × 50 Menit |
5% |
15 |
Review materi kuliah |
Memahami keseluruhan konsep materi konsep dasar matematika yang telah dipelajari |
Tes/Pop Quiz |
Diskusi, tanya jawab dan penugasan |
Semua materi pokok atau inti |
3 × 50 Menit |
5% |
16 |
UAS (Tertulis) |
20% |
Get RPS "Pend.Matematika Kelas Rendah" by click me
Get "Pend.Matematika Kelas Rendah" by click me
Comments
Post a Comment