Skip to main content

RPS Pend.Matematika Kelas Rendah

 

Get RPS "Pend.Matematika Kelas Rendah" by click me

Get "Pend.Matematika Kelas Rendah" by click me

Nama Mata Kuliah     : Pendidikan Matematika Kelas Rendah
Kode Mata Kuliah      :
PSD01020221                                                                                                       Bobot SKS                   : 3 SKS
Semester                      : III
Dosen Pengampu        : FERNANDO DE NAPOLI MARPAUNG Ss, Mpd
 

Deskripsi Mata Kuliah : Pada mata kuliah ini mahasiswa mengetahui, mengkaji dan berlatih tentang pola-pola verb patterns, jenis tense, bentuk phrasa dan klausa dalam Bahasa inggris, khususnya dalam tata Bahasa/grammar Bahasa inggris

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : 

Mata kuliah pendidikan matematika kelas rendah merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa PGSD. Mata kuliah ini memberikan pondasi bagi para mahasiswa PGSD sehingga mampu menyelesaikan soal matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta menguasai
substansi dan metodologi dasar keilmuan matematika yang mendukung pembelajaran matematika di Sekolah Dasar khususnya kelas 1, 2, dan 3. Mata kuliah ini menuntut penerapan konsep-konsep pembelajaran matematika yang bersifat konkret dan mudah dipahami bagi mahasiswa PGSD.

Strategi Perkuliahan : 

Perkuliahan dilaksanakan dengan system blended learning , yaitu menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring. Materi kuliah dan bahan bacaan wajib diinformasikan pada awal perkuliahan. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa diberikan tugas-tugas berupa tugas terstruktur, tugas mandiri dan presentasi kelompok.

Standar penilaian : 

1. Class weekly performance 20%
2. Mid-term test 30%
3. Final term test 40%
4. Participation 10%

Kriteria Kelulusan :

A. Penilaian Proses (bobot 30 %)
1. Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)= 5%
2. Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran (Perkuliahan, Praktek ) = 10%
3. Penyelesaian Tugas-tugas (makalah dan tugas) = 15%

B. Penilaian Akhir (bobot 70 %)
1.Ujian Tengah Semester (30%)
2.Ujian Akhir Senester (40%)


C. Acuan Penilaian
1. Kisaran Skala Lima

Tata tertib mahasiswa dan dosen :
1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian (tidak oblong) dan pantas pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas.
2. Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal baik waktu mengikuti perkuliahan dan menghadap dosen untuk bimbingan maupun konsultasi akademik.
3. Pada waktu perkuliahan semua handphone harus dalam keadaan mati/silent.
4. Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak mendapat presensi.
5. Tidak diperkenakan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat diskusi.
6. Mahasiswa wajib hadir minimal 75 % dari tatap muka.
7. Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS, kecuali dengan alasan jelas.
8. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir.
9. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar
 

Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.

Minggu

Kemampuan Akhir yang diharapkan

Indikator

Kriteria dalam bentuk Penilaian

Metode Pembelajaran

Materi Pembelajaran

Waktu

Bobot Nilai

(1)

(2)

 (3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Mengetahui isi kontrak kuliah, RPS, SAP dan rambu-rambu proses pembelajaran yang harus dilalui serta dilakukan selama perkuliahan berlangsung.

 

1.    Melaksanakan tahapan-tahapan dalam perkuliahan

2.    Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan yang digariskan dalam kontrak kuliah

3.    Melaksanakan aturan-aturan yang telah disepakati

 

Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·  Kontrak Kuliah

·  Tugas-tugas

·  Sistem penilaian

3 × 50 Menit

5%

2

Memahami kurikulum Matematika di SD

1.     Mahasiswa mampu memahami silabus Matematika di SD,

2.     Mahasiswa mampu membedakan silabus antara kurikulum yang lama dan kurikulum terbaru

Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·  Silabus Matematika kelas rendah di SD

3 × 50 Menit

5%

3

Mendeskripsikan teori-teori belajar matematika sesuai dengan temuan psikologi.

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori belajar belajar  sesuai dengan temuan psikologi

2.     Mahasiswa mampu mengidentifikasi teori-teori belajar matematika yang sesuai untuk siswa SD kelas rendah.

3.     Mahasiswa mampu memilih teori-teori belajar matematika yang sesuai untuk siswa SD kelas rendah.

4.     Mahasiswa mampu memberikan contoh pengajaran untuk anak SD kelas rendah sesuai dengan teori-teori belajar matematika

5.     Mahasiswa mampu menjelaskan persamaan dan perbedaan dari temuan para ahli psikologi Matematika.

Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·  Teori-teori belajar matematika

·  Psikologi belajar matematika

3 × 50 Menit

5%

4

Melaksanakan kegiatan simulasi pembelajaran untuk anak SD kelas rendah

1.     Mahasiswa mampu menyusun rencana pembelajaran matematika untuk SD kelas rendah

2.     Mahasiswa mampu mengajarkan materi matematika sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat.

Praktik, penugasan

Diskusi, tanya jawab, dan penugasan

·  Rencana pembelajaran matematika SD kelas rendah

3 × 50 Menit

5%

5

Memahami jenis-jenis penilaian yang digunakan dalam pembelajaran matematika

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis penilaian dalam pembelajaran matematika

2.     Mahasiswa mampu mengidentifikasi penilaian yang cocok digunakan dalam pembelajaran matematika SD

3.     Mahasiswa mampu memilih penilaian dalam pembelajaran matematika SD

Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·  Jenis-jenis penilaian matematika

3 × 50 Menit

5%

6

Melaksanakan penilaian tentang kesiapan siswa, pelaksanaan tugas, penilaian tugas kemampuan berhitung dan observasi lapangan pada pembelajaran Matematika di SD

1.     Mahasiswa mampu melaksanakan penilaian pembelajaran Matematika di SD

2.     Mahasiswa mampu melaksanakan penilaian tentang kesiapan siswa untuk belajar Matematika

3.     Mahasiswa mampu melaksakan penilaian pelaksanaan tugas,

4.     Mahasiswa mampu melaksanakan penilaian tugas kemampuan berhitung

5.     Mahasiswa mampu melaksanakan penilaian tentang observasi lapangan

Praktik, penugasan

Diskusi, tanya jawab, dan penugasan

·  Penilaian pembelajaran Matematika di SD

3 × 50 Menit

5%

7

Memahami bilangan dan lambang bilangan di kelas rendah

1.     Mahasiswa mampu memahami konsep bilangan di kelas rendah

2.      Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis bilangan.

Tugas rutin, Makalah, Critical Journal Review Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·  Sejarah bilangan

·  Konsep bilangan

·  Jenis-jenis bilangan

3 × 50 Menit

5%

8

UTS (tertulis)

 

 

 

 

 

10%

9

Memahami bilangan dan lambang bilangan di kelas rendah

1.     Mahasiswa mampu memahami lambang bilangan di kelas rendah

2.     Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengajaran konsep bilangan di kelas rendah

Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·     Lambang Bilangan

·     Nilai tempat

·     Bilangan Kardinal dan Ordinal

3 × 50 Menit

5%

10

Memahami konsep bilangan cacah dan terampil menggunakan operasi bilangan cacah di kelas rendah

1.     Mahasiswa mampu memahami konsep bilangan cacah

2.     Mahasiswa mampu memahami dan terampil menggunakan operasi bilangan cacah di kelas rendah

3.     Mahasiswa mampu mengajarkan bilangan cacah dan operasinya kepada siswa SD kelas rendah

Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·  Konsep Bilangan Cacah

·  Operasi pada Bilangan Cacah

3 × 50 Menit

5%

11

Memahami fakta dasar penjumlahan dan Pengurangan, strategi pembelajaran algoritma operasi bilangan

1.     Mahasiswa mampu memahami fakta dasar penjumlahan,

2.     Mahasiswa mampu memahami fakta dasar pengurangan

3.     Mahasiswa mampu mendeskripsikan strategi pembelajaran algoritma operasi bilangan di kelas rendah

Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·     Penanaman konsep penjumlahan dan pengurangan

·     Pengenalan Fakta dasar penjumlahan dan pengurangan

·     Algoritma operasi bilangan

 

3 × 50 Menit

5%

12

Memahami fakta dasar perkalian dan pembagian, strategi pembelajaran algoritma operasi bilangan

1.     Mahasiswa mampu memahami fakta dasar perkalian,

2.     Mahasiswa mampu memahami fakta dasar pembagian

3.     Mahasiswa mampu mendeskripsikan strategi pembelajaran algoritma operasi bilangan di kelas rendah

Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·  Penanaman konsep perkalian dan pembagian

·  Pengenalan Fakta dasar perkalian dan pembagian

·  Algoritma operasi bilangan

 

3 × 50 Menit

5%

13

Memahami pengertian dan konsep faktor dan kelipatan di kelas rendah

1.    Mahasiswa mampu memahami  pengertian faktor dan kelipatan di kelas rendah

2.    Mahasiswa mampu mendeskripsikan strategi pembelajaran faktor dan kelipatan di kelas rendah

Tugas rutin, Makalah, Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·  Faktor dan kelipatan

 

3 × 50 Menit

5%

14

Memahami dan terampil mengajarkan bilangan bulat

1.    Mahasiswa mampu menuliskan konsep dan sifat bilangan bulat

2.    Mahasiswa mampu menuliskan operasi pada bilangan bulat dan sifat-sifat operasi

3.    Mahasiswa mampu mengajarkan operasi bilangan bulat

Tugas rutin, Makalah, mini riset Tes/Quiz

Kooperatif, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan penugasan

·  Konsep bilangan bulat

·  Operasi pada bilangan bulat

·  Pengajaran bilangan bulat

 

3 × 50 Menit

5%

15

Review materi kuliah

Memahami keseluruhan konsep materi konsep dasar matematika yang telah dipelajari

Tes/Pop Quiz

Diskusi, tanya jawab dan penugasan

Semua materi pokok atau inti

3 × 50 Menit

5%

16

UAS (Tertulis)

20%

  

Get RPS "Pend.Matematika Kelas Rendah" by click me

Get "Pend.Matematika Kelas Rendah" by click me


 

Comments

Popular posts from this blog

RPS Pendidikan Anti Korupsi

        Mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah salah satu mata kuliah yang ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan korupsi. Pada umumnya, mata kuliah ini akan membahas topik-topik seperti: Pengertian dan pemahaman tentang korupsi Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korupsi Strategi dan tindakan pencegahan korupsi Peran serta masyarakat dalam memerangi korupsi Tanggung jawab pemerintah dalam mencegah dan mengatasi korupsi Hukum dan sanksi bagi pelaku korupsi Studi kasus dan analisis tentang korupsi di Indonesia dan negara lain Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang korupsi dan bagaimana cara untuk memeranginya. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki sikap pro-aktif dan bertanggung jawab dalam memerangi korupsi. ?...

Pokok-pokok tindakan pertolongan dalam kepramukaan

    Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan  Dalam meningkatkan  kwalitas dan keterampilan anggota pramuka, Pokok-pokok tindakan pertolongan, Pembalutan & pembidaian, dan Transportasi dalam kepramukaan harus diketahui, berikut pengetahuan tentang P3K yang dipupuk ke anggota Pramuka dalam meningkatkan Scoting Skil, sebagai berikut : 1. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang memberikan bekal peserta didik dalam hal pengalaman : a. Kewajiban diri untuk mengamalkan kode kehoramatan pramuka b. Kepeduliannya terhadap masyarakat/orang lain c. Kepeduliannya terhadap usaha meningkatkan citra Gerakan Pramuka di masyarakat 2. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan seperangkat ketrampilan dan pengetahuan kesehatan yang praktis dalam memberikan bantuan pertama kepada orang lain yang sedang mengalami musibah, antara lain pada...

Langkat Sultanate history-Reading Comprehension

  Sultanate of Langkat The Langkat Sultanate is a kingdom that used to rule in the Langkat Regency, North Sumatra now. The Langkat Sultanate became prosperous because of the opening of rubber plantations and the discovery of oil reserves in Pangkalan Brandan. The Langkat Sultanate is the oldest of the Malay monarchies in East Sumatra. In 1568, in what is now called "Hamparan Perak", a high-ranking "Kingdom of Aru" named Dewa Shahdan managed to save himself from the attack of the Sultanate of Aceh and founded a kingdom. This kingdom became the forerunner of the modern Langkat Sultanate. The name Langkat comes from the name of a tree that resembles a langsat tree. The Langkat tree has fruit that is larger than the langsat fruit but smaller than the duku fruit. It tastes bitter and tart. This tree was once often found on the banks of the Langkat River, namely in the lower reaches of the Batang Serangan River which flows through the city of Tanjung Pura. However, ...